Thursday, June 18, 2009

postingan tengah malam

udah dua malam ini gw susah tidur;

pengenny jadi pengen onlen mulu hhuhu..
padahal besok pagi gw ujian, malam ini bukanny belajar malah fesbukan sampe malam gini.
mama oh mama; maafkan anakmu ini.

tadi pagi jg gw ujian
gara-gara malam sebelumny gw malah sibuk fesbukan sampe mid-nite ama Boby & Gilang, untung bisa ngejawab test ny walopun rada ngarang. oiya; ngomong2 ujian, ujian gw tadi pagi kan CCU (Cross Cultural Understanding). dari namany aja uda ketauan kalo di pelajaran ini kita mempelajari tentang persilangan budaya Indonesia dan negara lain *dalam hal ini Amerika Serikat).
jadi pengen mbahas beberapa point pembeda antara bangsa kita dan budaya mereka; yah point-point dasar ny aja sih yg mungkin sebagian besar sudah kita ketahui tapi sayangny tidak kita sadari sehingga sampe sekarang kita masih aja menjalani pola hidup seperti itu.
ok, bahasa Indonesia gw uda mulai ngaco, sebelum gw ngawur-ngidul kemana-mana mending langsung aja deh ke point-point yg dimaksud.

Beberapa Perbedaan Budaya Barat dan Timur

Western

Budaya

Asian

langsung to the point

Opini

muter-muter kemana dulu sebelum mencapai yang dituju

individualis, mikirin kehidupannya sendiri

Cara Menjalani Hidup

suka ny ngerumpi sana-sini ngomongin dan ngurusin orang lain

on time

Ketepatan waktu

in time

kontak hanya ke-org yang relevan saja

Hubungan Relasi

emua temen, semua sodara, karena kalo relasi luas, bisnis lancar

menikmati weekend dengan cara ny sendiri

Kegiatan saat libur

suka tempat-tempat ramai kyk mall, shopping center, dll

bebas2 aja berkelompok dgn groupny sendiri

Pesta

semua focus ke satu acara party yang diatur EO

ngobrol pelan2 di resto

Di dalam Resto

ribut, ngobrol keras atau ketawa-tiwi, gak peduli meja sebelah

demen cuci mata, yang penting menikmati pemandanganny

Travelling

yang penting foto2 utk memory, pemandangan cuma jadi background, sebagai bukti uda pernah ngunjungin tempat itu

tabrak aje, yang penting colve the problem

Cara mengatasi masalah

sebisa mungkin menghindari masalah, kalo ga y jgn sampe ninggalin jejak

makan kenyang 1 kali sehari

Pola Makan

3 kali makan, ya kudu 3 kali kenyang

dulu pake mobil, skrg pake yg hybrid dong, care ama lingkungan

Transportasi

dulu sengsara pake speda, sekarang gengsi dong kalo ga pake mobil

kalo uda tua y sendiri; paling-paling ditemenin Kimi

Masa Tua

masa tua bakal rame kalo mau momong cucu

logikanya, hujan ya bikin repot

Suasana Hati dan Cuaca

banyak hujan, banyak hoki dong

boss juga member of team

The Boss

boss adalah dewa yang ditakuti

makanan Asia yang Healthy

What’s Trendy

makanan Barat yang bergengsi

it’s ok punya anak, tapi ntar dia harus berjuang untuk hidup seperti ortu ny.

Anak

kerja jatuh bangun, segala-galanya demi anak, sang penerus generasi



nah lho? bener ga point-point yg tersebut di atas? ngerasa ga kalo kita, pola hidup kita, budaya kita, sesuai dengan tabel yg di sebelah kanan ini. kalo iya, gimana menurut kamu? perlu kah kita ubah? atau biarin aja kek gitu, toh tiap negara punya culture ny masing-masing. pendapat kmu ditunggu ya!

6 comments:

Z.E Ferdi Fauzan Putra said...

eh2, gw suka lho baca perbandingannya...

fact bgt deh,..

wisata riau said...

Hm.... tu kan... kecanduan.. makanya.. hati-hati ma Pacebuk... hehehe... aq dah jera tuh.. kemaren kenak baned.. kurang asem tu pacebuk... ya udah emg aq pikirin...
mending ngeblog.. lebih asik.... hehehe... ntar klu begadang lagi kasu tw aq yah,, hehehe.. biar aq tmani..

mira said...

@ferdi: iya; sesuatu yg kita sadar tetapi ga kita anggap sesuatu yg penting

@wisata riau: sampe skrg masih addicted kok ama fesbuk, tapi lagi diusahain buat rajin-rajin nge-blog juga. sering-sering maen y he3..

Richa said...

jiaaaa.. udah kren ya blog nya skrg..
ga sia2 lah ya laptop+modem barunya..
haha..
eh, itu comparisonnya copy paste bukan?
hoho..
I've ever read that!!
piis..

GreatQo ganteng said...

menurut aku duaduanya gak bener2 bagus,.
ada yang mesti disesuaiin gitu deh..

mira said...

@richa: ohoho, iya dong.

@greatqo: yg mana yg mesti debenerin om?