Wednesday, July 29, 2009

postingan akhir bulan

first of all, gw mo makasi sama kalian semua karena uda bersedia mengunjungi blog gw ini. komens di postingan terakhir gw mencapai 41. itu rekor lho, (walau sebagian krn spam ny si andiebuytank) tp gapapalah. sebelumny komen-komen gw cuma belasan, itu aj gw uda seneng lho, apalagi skrg sampe puluhan. wooo--hhooo!! rupany oh rupany sodara-sodara, itu adalah pengaruh dari blogwalking. percayalah, blogwalking sangat mempengaruhi perkembangan dunia perkomenan. makany krn itu gw bergabung dengan Blog Walking Unity. kalo mo banner code ny silahkan copy di sini.

well next, gw mo curhat dikit tentang kekerean gw. skrg tanggal 29, dan bak orang kantoran yg gajianny tgl 1, skrg ini adalah masa-masa paceklik bagi gw. walau gw bukan orang kantoran, hanya seorang mahasiswa yg belom bisa menghasilkan uang, tgl 1 tetaplah tanggal keramat bagi gw karena gw dikasi jajan sama emak gw tiap tggl 1. yap, bak orang kantoran, gw juga menerima uang saku bulanan setiap tanggal 1. perlu gw sebutin jumlahny? jangan ah, malu hihi.. intiny gw skrg nerima uang saku bulanan dan itu baru berlaku dua bulan ini sejak ulang taun gw yg ke-20. sebelumny, waktu gw masih teen-ager, gw dikasi jajan mingguan. tiap hari senen tinggal nodong dan mengalirlah limpahan uang secukupny untuk kehidupan gw seminggu ke depan. tp skrg tanggung jawab yg gw emban terlalu berat. ternyata ga gampang mengatur keuangan buat sebulan ke depan. awal bulan sih asik-asik wae nrimo duit banyak. wajah berbinar-binar dan nalar pun dengan binal ngajak ke sana-sini buat belanja-belinji. dan sesuai pengalaman gw dua bulan ini, sejak nerima uang saku bulanan, pertengahan bulan = miskin. di kampus yg biasa ny gw bisa makan 1x tiap jeda mata kuliah (gimana ga gede coba) skrg mo makan 1x sehari aj susah. gw terpaksa menahan segala hasrat dan nafsu melihat makanan-makanan itu melambai ke gw, harus sabar sampe pulang ke rumah. dulu yg biasany bisa ke mall minimal dua kali seminggu dan nonton, skrg tanggal belasan sampe akhir bulan = no mall, no movies bagi gw. huaaaaa....men.de.ri.ta.

so, mumpung ini akhir bulan dan gw belom nerima uang saku bulanan gw, mending gw nyari-nyari info gimana cara mengatasi masalah keuangan (keborosan-red).
dan info yg gw dapetin ga gitu membantu soalny kebanyakan tips-tips mengatur keuangan adalah buat ibu-ibu rumah tangga. jadi gw gabisa meng-adopt tips-tips itu.
tapi gw ga putus asa (gaya!), kalo ga bisa di adopt, mari kita adapt tips-tips itu.

tips pertama:
CATATLAH PENGELUARAN WAJIB SETIAP BULAN
contoh:
jajan : 300.000
tagihan internet : 150.000
transport : 150.000

ya itu doang sih pengeluaran wajib gw. jajan, transport, dan internet. emak gw bilang gw harus bayar tagihan inet sendiri waktu gw menyembah-nyembah minta dibeliin modem. dan menurut gw itu gamasalah krn sebelumny pengeluaran gw buat ke warnet jauh lebih besar daripada tagihan inet bulanan yg bisa gw pake seharian di rumah hoho..
untuk pulsa gw ga perlu pusing krn emak gw yg beliin pulsa.

tips kedua:
CATATLAH PENGELUARAN TIDAK WAJIB SETIAP BULAN
contoh:
kaos kaki : 20.000
pengeluaran tak terduga : 100.000

p.s : kaki gw rada bermasalah, sering bgt bolongin kaos kaki. jadi gw pake sistem gali lobang tutup lobang, kalo bolong satu, beli lagi yg baru satu.
p.s lagi : gw pake sneakers, ga pake sendal/sepatu cewe yg bertali-tali itu, jd kaos kaki adalah kebutuhan bagi gw.

sedangkan pengeluaran tak terduga itu adalah kalo gw kelilipan dan pengen beli baju atau komik atau dvd. kykny butuh lebih dari 100ribu ya, tp gapapalah, mulai sekarang dicukupin segitu aj. HEMAT!!

tips ketiga:
SIMPANLAH UANG DI TEMPAT YG BERBEDA SESUAI DENGAN KEBUTUHANNYA.

ini bisa memudahkan kita dalam mengontrol sisa uang yang kita pakai. misalnya kita simpan uang pengeluaran wajib kita ke dalam dompet berwarna hitam, kemudian kita masukkan uang pengeluaran tidak wajib kita ke dalam dompet yang berwarna putih. nah kita ingat-ingat sendiri, ketika kita mau membeli sesuatu yang pokok, maka kita harus mengambil uang di dompet berwarna hitam, jangan mengambil di dompet berwarna putih. kalo ternyata uang di dalem dompet hitam(dompet untuk biaya wajib) kita ga ada yang receh, trus kita ambil di dalam dompet warna putih (dompet untuk biaya tidak wajib), maka hitunglah itu sebagai hutang kita. ketika kita sudah mempunyai receh, maka kita bayar hutang ke dompet warna putih(dompet untuk biaya tidak wajib).

nah sisany usahain buat ditabung. masukin aj ke amplop dan simpan di laci atau selipan buku. asal jangan di kut*ng ya!! :p

LAST NOTE : gw kok kurang yakin ya ama tips-tips itu? pesimis-pesimis gimanaaaaa gitu. tapi gapapa lah, yg penting niatny. bener-bener niatin untuk hemat dan belajar buat ngatur uang jajan sendiri. ^^,

47 comments:

ambarlicious said...

waahahah..
uang saku bulanan yahh?
sama aja sih menderitanya ama gw ..
hha..
dapet kucuran tanggal 1, tanggal 10an udah sekarat..wakka
gw lebih bors yah ternyata..
huhuhu

tapi tips2nya lumayan deh buat referensi sist..
hhi

Arman said...

nyatet pengeluaran itu udah langkah yang bener banget. dan harus detil ya. soalnya yang kecil2 itu kalo dikumpulin juga jadi gede.

dan kalo setelah 2-3 bulan udah dicatet terus, ntar jadi tau polanya. kira2 normalnya sebulan tuh pengeluaran berapa duit. nah sisanya itu harus jadi patokan tabungan buat bulan2 selanjutnya. dan tabungan harus ditabung di awal. jangan di akhir nunggu sisa... ntar yang ada gak ada sisa mulu berasanya... :P

jadi misalnya uang jajan 1 juta, pengeluaran rata2 sekitar 800rb, berarti bisa nabung 200rb kan...

nah tiap bulan ntar begitu dikasih 1 juta, langsung pisahin yang 200rb, masukin ke rekening bank yang terpisah, khusus buat tabungan doang. jadi selama sebulan itu harus bisa idup dengan 800rb aja. jagnan kutak katik 200rb nya.

dan itu prinsipnya harus! biar bisa nabung... :)

azarre said...

Kayak laporan budget aja... hwahaahww... piss...

Btw, salam kenal yahh... Thans much

bunga raya said...

wah aku malah ga pernah dapet tuhh

ang said...

emang klo pegang duit musti pinter2 ngatur, halah...gaya...kyk sy pinter...pdhl..tiap bln tabungan dikeruk buat nutupin kebuthn hehehe

ferdivolutions said...

bwahahaha... masa simpen di kut*ng? hakz... nenek2 donk... hahaha...

uang tak terduga gw 150rb.. :P
uang gw sering abis buat beli pulsa sam minyak motor, ntah knp gw ga bisa nahan ngeluarin uang dgn 2 hal itu...

tolongin gw donk....

Uke Poet said...

hehe emang blogwalking ngaruh banget sama komeng.
mampir kemari untuk pertama kali.
lam kenal
aku link yah di blogku ;)

nakjaDimande said...

yupp! dah bener mira
catat yang detil, sampai 100 rupiahpun harus terdeteksi, shg mira akan berhati-hati belanja yang tidak perlu..

bangga lho klo dah setahun tabungan tyt lumayan, hasil berhemat.. tinggal minta mama tambahin buat beli lappie terbaru :)

intinya disiplin dan jangan terlalu mengikuti godaan sesaat.. carilah kesenangan lain yang bisa mengalihkan perhatian dari belanja baju dan DVD.. kecuali emang perlu banget.

ok hunny :))

nakjaDimande said...

yupp! dah bener mira
catat yang detil, sampai 100 rupiahpun harus terdeteksi, shg mira akan berhati-hati belanja yang tidak perlu..

bangga lho klo dah setahun tabungan tyt lumayan, hasil berhemat.. tinggal minta mama tambahin buat beli lappie terbaru :)

intinya disiplin dan jangan terlalu mengikuti godaan sesaat.. carilah kesenangan lain yang bisa mengalihkan perhatian dari belanja baju dan DVD.. kecuali emang perlu banget.

ok hunny :))

Henny Y.Caprestya said...

hehehe..gajian tinggal 1 hari lagi (yipeee..)
bagus juga nih sarannya. untung yang kayak begitu udah aku terapin dari dulu, soalnya kalo ga gitu bakal kececeran ga jelas duitnya.

ReGiE said...

hahahhahahahhahah....

bulanan anak koz.....beda tipis lah kita..tapi kalu gie ngent ke warnet ....belum ada modem............huuhuhhuu..kadang pertengahan bulan da kocar kacir.....man candu ngenet datang..hihiihhihi

GreatQo said...

kalo aku Mir, walaupun udah di list teteup aja boros.
serem deh.

keknya masalahnya bukan di pengeluaran, tapi pendapatannya ga sesuai dengan gaya hidup metropolis jahiliyah (halah).

Hamster Copo said...

heem gimana yaa..tampaknya emang dari dulu mbak selalu saja boros tapi bisa dihilangkan asalkan ada niat dan kemauan..coba laah menahan nafsu untuk beli ini itu emang siih banyak yang bilang kayak gini tapi aku punya ide cemerlang niih gimana kalo mulai sekarang mbak berpenampilan lebih cantik dan seksi jadi kaan mata-mata tembolok itu pada ngelirik niih..mbak pilih salah satu yang agaknya terliat kaya tongkrongannya pun merci ataupun BMW naah dari situ mbak bisa menggaet dan menghabisi uang jajannya jadi tanpa harus menahan duit mbak masih bisa foya-foya hehe..gimana ide aku??hebatkaan *meragukan*

kawanlama95 said...

wah gampang neeh kalo mau ngirit

1. ga usah jajan di kampus bawa nasi aja dari rumah .ga usah malu
2.internetnya pake smart gratisan cuma modal modem harga 333 ribu UNlimited

ke kampus nebeng sama kawan.
praktekin dah pasti irit abis dah.

attayaya said...

wah kena sepam andy gokil ya
hahahahaha

ntar tgl 1 traktirin kita2 semua ya

mira said...

*ambarlicious : huaaa iya.. mari kita belajar manage keuangan mulai skrg. moga-moga bulan ini ga terlunta-lunta..amen!!

*arman : yg sekecil2ny kyk beli coklat juga harus dicatat? huih.. baiklah om, akan saya coba petuah anda. tapi soal tabungan ga janji dah.. bisa hidup aman sentosa sampe akhir bulan aj uda keren X(

*azarre : iya, thanks kunjunganny.

*bunga raya : ga pernah dapat apa??

*ang : hahah,, sama dong kita mba XD

mira said...

*ferdivolutions : huahaha.. makany gw bilang jangan disimpen disitu..

*uke poet : iya, takjub akan kemujarabanny. nantikan ak di blog mu!!^^/

*nakjadiMande : hihi X) iya makasi petuahny bundo.. akan beta kenang sepanjang masa. masalah nabungny? heu^^ pesimis..

*Henny Y.Caprestya : iya hen, doain ak bisa ya^^

*regie : mungkin sebaikny buat anggaran khusus buat ke warnet. jadi kalo jatah ny udah abis ya tahan dulu napsu ngenetny, hehe.. (sok-sok nasehat nih gw)

mira said...

*GreatQo : ak luar biasa setuju dgn pendapat itu dhe!! pemasukan kita yg kecil!! tapi apalah daya tangan tak sampai, masih nadah sama orang tua ya trimo-trimo aj lah. udah mending masih dikasi uang saku hihi..

*hamster copo : GUBRAK!! masukan macam apa itu??? (ngeri). biarlah ak hidup miskin begini, daripada jd sasaran musang-musang liar huek..

*kawanlama95 : yg pertama pernah dipraktekin, tp gabisa sering2 soalny kalo pagi jarang ada makanan, pada ke kantor ga sempat masak. yg kedua? gratisan kalo koneksiny gabagus males ah. ini pake starone unlimited juga uda lumayan hemat kok. yg ketiga, nebeng temen? malu kalo sering-sering hehe.. but thanks anyway utk masukan2ny..

*attayaya : iya, spammer sepanjang masa tuh si andie. traktir om? langsung habis dong uang saku sebulan ehehe.. eh denger2 kopdar kmrn ditraktir sama si om ya? hix X( rugi ga datang..

Andie Gokil said...

JANGAN MENYERAH!!
DEMASIP DULUUU

Andie Gokil said...

untung aja ak mingguan.
speedy di bayariinn.
weeek!! :p

enaknya jadi anak SMA

Andie Gokil said...

tidak mungkin disini kurang sama dari 5!!

prinsipku adalah
"takkan pergi sebelum kelimaks!"

Andie Gokil said...

blogku jugaa!!!!
biasanya cuma 20an.
terus semenjak nyepam blog orangg.
ajiiibbb

Andie Gokil said...

mulailah nyepam dari lahir hingga masuk kubur

Andie Gokil said...

eh ak ga spam aja loh!!
tadi udah koment tuh.
yang spam2 itu
:D

Andie Gokil said...
This comment has been removed by the author.
Andie Gokil said...

********************
DUAPULUH KELIMAKS!!!
*********************

Andie Gokil said...

cara ngemat duit.
coba!
jangan bawa dompet kemaana2.

dukup bawa 20ribu untuk jaga2.

kalo kurang ngutang.
kan ga mungkin kita ngutang 500ribu.?
makanya
IDUP NGUTANG!

selain itu.
kalo kita jaim dengan ngutang.
maka pengeluaran kita akan sedikiitt!!
trust me, it works

Z.E Ferdi Fauzan Putra said...

andie gilo....
sarap dy tu... spam sebanyak itu.

DUNIA POLAR said...

mir aku gk mau komen postingan ini coz masak postingan kalah banyak sm komennya andiegokil :p

gerrilya said...

hahaha...sering bikin kaos kaki bolong ya...
tapi bukannya kaos kaki emng bolong? kalo nggak gimana makenya...ntar kaki masuk dari mana? :)

ajir said...

kunjungi blog saya bla..bla..bla..
(Spam ga ya??) :D

mira said...

*andie gilo : SPAMMERS!! uda dibilang jangan lebih dari lima!!
saran anda? ok, patut dipertimbangkan, terima kasih.

*Z.E Ferdi Fauzan Putra : iya nih, spamming gatau diri .. :p

*dunia polar : iya tuh om.. masa panjangan spam ny andie..

*gerilya : maksudny bolong di jempol apa di tumit gt loh mas..

*ajir : dibandingin spam ny andie, komen anda terkesan sangat baik hati sekali. hihi..x)

Andie Gokil said...

mau ak bikin rekor 100 ga?
*abis tuh ak di gebok ma mira
:D

Andie Gokil said...

ngga mau banyak2 lho!

Andie Gokil said...

akuuu tauuu diri kokkkk

*************
KETIGAPULUH KELIMAKS!
*************

next : kempatpuluh kelimaks!

mira said...

@#$%^&*()__(*&^$#

andie jangan spamming!!!!

Ansgarius said...

Dah pernah kayak gitu nyatet rencana pengeluaran diimbangin ma pemasukan . tapi kok jadinya sama saja ya... besar pasak daripada tiang hahaha....

alamendah said...

salam kenal,

gila,
perlu di..... (terusin sendiri)

==========
maaf,
nitip pesen buat semuanya: yuk, ikutan vote di sini: Jadikan Pulau Komodo Sebagai 7 Keajaiban Dunia Jangan sampai kita kehilangan 'Borobudur' lagi! (he.. he..)

an4k`SinGKonG said...

wehehehehhe....mantab juga nie tipnya
salam kenal

Iklan Gratis said...

wakakaka...
dompet ko pake dipisah n ada warnanya...
apa ini juga termasuk tips yah...
klo dompet yg hitam menandakan setan...
klo yg ptuih malaikat...

klo bisa yg hitam dikosongin aja tuh...
kan nanti minjem tuh ke malaikat, kek nya klo dah minjem ga bakalan dikembaliin de..
hehehe...

piss ah....
salam kenal yah D:
Stop Dreaming Start Action

harunsaurus said...

hmm.. tips yang sangat berguna...

●Hartinah● said...

Bisa g yah sy ngatur bgitu, biasax klo dikasi uang jajan seminggu sudah kelimpungan, hehe..
Gmana carax bwat spam? (kampunganlag saya, hehe)

attayaya said...

dah tanggal 1 neh
siap2 mentraktir kami2 semua blogger ya

angga chen said...

wakakak....dicoba dulu dijalanin tipsnya siapa tahu manjur...wakakak! mantap...lanjutkan

alamendah said...

datang lagi, boleh, kan?!

mira said...

*Ansgarius : hahah, iya.. seharusny pemasukanny lebih besar lg ya..

*alamendah : baiklah, saya sudah vote^^


*an4k`SinGKonG : sama-sama..

*Iklan Gratis : wakakak..

*harunsaurus : yah semoga berguna..

*●Hartinah● : iya sama, seminggu aj susah ngaturny, apalagi sebulan..

*attayaya :bessok om, hari senin cair wakakak..

*angga chen : iya moga2 manjurrr...

*alamendah : anytime ^^

Kabasaran Soultan said...

Tips yang sungguh cerdas ..namun sepertinya susah ntuk diikuti..
nice sharing...