Thursday, July 23, 2009

apa sih tujuan hidup kita?

sekarang gw lg wifi-an sendirian di kampus ditemani nyamuk-nyamuk yang berkeliaran. temen-temen gw uda pada balik dan gw teronggok sendirian krn males pulang .
gw lg mikir nih. tumben-tumben gw mikir, sekali mikir yang berat-berat pula. apa sih tujuan kita hidup? dan apa itu tujuan hidup?
kita dilahirkan ke dunia, kalo dalam agama Islam, untuk menyembah Yang Satu Allah swt, tapi selain itu ada juga kebahagiaan semu yg kita kejar, isn't it?

menurut gw , sebagian besar tujuan orang hidup adalah uang. semua ny selalu diukur dengan uang. uang. uang. uang. apa sih yang ga bisa dibeli dengan uang?
hampir semua yang kita lakukan selalu berkaitan dengan uang. misalny :
kita sekolah buat apa? biar pinter. kalo uda pinter? dapat kerjaan bagus.
kalo kerjaanny bagus? gaji ny gede. gaji ny gede? ya banyak dong duitny. duit buat apa? ya buat senang-senang. betul??

ada salah satu adek kelas gw di kampus. sebut saja namany mawar. (tp dia cowok)
mawar ini adalah type orang yang selalu memikirkan setiap hal yang dilakukanny, apakah hal tersebut bermanfaat bagi ny atau ngga. (menghasilkan uang-red)
gw ga bilang dia pelit lho, hany saja dia sangat memperhitungkan segalany.
pernah suatu kali kita ngobrol. waktu lagi kampus kita lagi ngadain event English Olympiad. kita yg jadi panitia (termasuk gw dan mawar).
jadi waktu itu gw lagi ngebantuin anak-anak HID bikinin ID card buat para peserta. karena waktuny uda mepet bgt dan panitia lain juga lg pada sibuk, maka gw minta bantuan dia yg kebetulan keliatan lagi lowong buat masukin ID card yg baru gw print ke plastic ID ny.
eh dia ny bales nany. "satu card berapa?" --> (baca : gw dibayar berapa per card?)
anjrit, songong bgt ga sih? gw diem aj krn sebel tapi dia bantuin juga akhirny tapi pake nyerocos.
mawar : "kenapa sih kak mau ngerjain yang ginian? bikin capek, kita ga dapet apa-apa."
gw : (diem aj, bingung mo jawab apa)
mawar : "kalo gw sih gabakal mau ngerjain yg ginian. gw gamau tau pokokny kalian harus bayar gw lima rebu per card.
gw : "buset."
mawar : "kalo mau kerja itu kak, kerjain hal yang bener2 bermanfaat buat kita dan menghasilkan. jangan yg bikin capek gini doang."
gw : (makin bingung dan berusaha mengalihkan topik ttg cewe yg lg dia deketin) "eh, si Corry gimana?"
mawar : "ga gimana-gimana. kita temen aj."
gw : "kok? kmrn napsu bener nanyain nomer hape ny."
mawar : "iya gajadi. soalny setelah gw pikir-pikir , pacaran itu ga asik. terlalu banyak ngabisin duit.belom jalan-jalan sama makanny. pulsa ny aj uda nguras kantong bgt.
gw : (manyun sambil mikir. lo kawin ama mesin ATM aj sono."

mental businessman bgt kan si mawar ini? uda lama gw ga liat dia di kampus. denger-denger sih dia sibuk ama bisnis ny. ntah bisnis apalah itu..


nah, trus ini ada cerita yang bertolak-belakang bgt ama cerita yg tadi.
kalo gasalah gw sih cerita ini gw baca di text book agama gw waktu SMP dulu.
cerita ny itu gini;

pada suatu hari, (cerita ga afdol ya kalo ga diawalin pada suatu hari)
ok, pada suatu hari, ada seorang juragan kaya yang berjalan-jalan di tepi laut. tiba-tiba dia melihat seorang nelayan yang sedang bersantai-santai di dekat kapalny.
melihat hal itu, si juragan heran dan menghampiri si nelayan , lalu menanyai ny.

juragan : "apa yang sedang kamu lakukan?"
nelayan : "saya sedang bersantai tuan."
juragan : " mengapa kamu tidak melaut dan mencari ikan?"
nelayan : "sudah tuan." katany sambil menunjukkan hasil tangkapanny yg seadany
juragan : "kenapa kamu hanya menangkap ikan sesedikit itu?"
nelayan : "saya hanya menangkap ikan seperluny tuan, cukup untuk makan keluarga dan dijual sedikit untuk keperluan lain."
juragan : "kenapa kamu tidak menangkap ikan yang banyak?"
nelayan : "buat apa tuan?"
juragan : "tentu saja untuk menghasilkan uang yang banyak. setelah kamu sisakan untuk keluarga mu, ikan ini bisa kamu jual kan. jika setiap hari kamu menangkap ikan yang banyak, maka semakin banyak pula uang yang kamu hasilkan. kemudian kamu bisa mengganti kapal bobrok mu ini dengan yang baru. lalu kamu bisa menyewa orang untuk mencari kan ikan bagimu.
nelayan : "kalo pekerjaan saya saya upahkan, lalu apa yang saya lakukan tuan?"
juragan : "tentu saja kamu bisa bersantai-santai seperti aku sekarang, menikmati hiidup."
nelayan : "menurut tuan, apa yang sedang saya lakukan sekarang?"


nah lho, menurut kalian apa yang sedang dilakukan oleh si nelayan itu?
dia ga perlu ikan yang banyak, kapal yang bagus, uang yang berlebihan untuk menikmati hidup.
dia bisa menikmati hidup dengan cara ny sendiri.

itu lah yang paling penting sebetulny. cara kita menjalani hidup, dan kenyamanan yg kita rasa.

kyk dosen gw bilang;
"money is not the purpose of our life. it's just a tool. the purpose of our life is the way we live."

31 comments:

bunga raya said...

hmmm postingan yang bagus nih bisa jadi pencerah...tujuan hidupku adalah damai tentran selamat dunia aherat

patahati said...

wah bagus templatenya, seperti sekolahan aja, baca2 buku...hee...hee..salam kenal.

Arman said...

iya betul banget... uang bukan tujuan utama.

kebahagiaan itu tujuan yang utama.

nah untuk mendapat kebahagiaan, emang uang jadi salah satu sarananya. tapi bukan satu2nya. masih ada kesehatan dan cinta kasih.

punya uang doang tapi gak punya kesehatan dan cinta... gak akan bahagia. gitu juga kalo punya kesehatan doang tapi gak punya uang juga gak bisa (at least akan kurang) bahagia.

jadi intinya kalo dalam hidup harus balance. nyari uang perlu, tapi jangan keterlaluan. mesti mikirin kesehatan dan mikirin cinta. cinta bukan cuma ama pasangan lho, tapi juga keluarga dan teman.

kayak mawar contohnya. orang yang terlalu ambisius gitu tuh mungkin uangnya banyak. tapi apa akan ada orang yang mau temenan ama dia kalo apa2 pamrih pake uang gitu? males banget kan... :P

yanuar catur rastafara said...

tujuan hidupku yang paling utama adalah
membahagiakan kedua orang tuaku
amienn

Ivan@mobii said...

Ehm,aku pikir hdup t mag main d duit aja. Tp kalu d cari selax, aku gak mau ahh hdup d atr dgn uang mulu. Semua pake uang. Padhal hdup cm nyicip aja!

mira said...

*bunga raya : amin..

*patahati : waduh, lg patah hati ya? slm kenal juga..=)

*arman : iyap iyap.. uang adalah salah satu alat yg kita cari untuk mencapai kebahagiaan, tp ga mutlak kita bahagia cuma krn uang. *ya ampun, gw merasa sangat bijak gara-gara postingan ini.. (-bangga)

*yanuar catur rastafara : amen.. semoga tujuan mulia itu tercapai.

*ivan : hahah, lucu juga istilah ny ivan, kita hidup cuma nyicip doang..

Ferdi Fauzan said...

wow.... why so serious?!
hehehe....

tujuan hdp it mnrt gw emg beribadah semata2 kepada Allah SWT.
nah, gmn nya kita ngejalanin itu yg hrs diisi dgn segala hal yg bisa bikin hidup kita tu full color. tentunya asal positif...

(^-^)V

Tukang komen said...

Kebahagiaan adalah tujuan utama hidup, namun uang juga bisa membuat bahagia, tanpa uang manusia juga tidak bahagia, jadi bahagia dan uang sama-sama harus sejalan ada uang bisa bahagia dan karena bahagia bisa menghasilkan uang... ah... pusing ah.. muter-muter terus...he..he.

Henny Y.Caprestya said...

good..good..dosennya pinter (ya iyalah pinter, secara dia kan dosen.hihihi)
postingan yang bagus mira,,secara ga langsung ngebuka pikiran henny juga nih.

gaelby said...

A v. nice blog...:) Bima Timur tu, letaknya pas sebelah timur Taman Nasional Komodo di Pulau Komodo. Thanks n salam knal...

kawanlama95 said...

uang mungkin bukan tujuan tapi hanya alat. memang kita itu hidup ingin damai aman tentram kan.selamat siang

Hamster Copo said...

Aku suka banget sama cerita yang kedua,, sang nelayan yang membuat hidupnya nyaman dengan sekedar apa adanya..meski serba kekurangan tapi dia berusaha untuk menikmati hidupnya sendiri
Cerita itu bisa menjadi contoh ataupun cermin bagi kita semua

MissyVinna said...

first, keknya aku tau siapa si Mawar..

second, keknya dari postingan mira yang ini, aku jadi ngerti kenapa kita diciptakan berbeda2 gitu..yang satu money oriented, yang satu study oriented, yang laen organization oriented, ada lagi sebagian yang melangang gak tau mao napain (kek mira, sendirian di kampus ditemani nyamuk-nyamuk yang berkeliaran)

ak gak terlalu peduli sih si Mawar mao semupeng apa sama duit, toh faktor keturunan juga kale yah, sisi baiknya ya besok2 dia bisa jadi penasehat keuangan kan?

kalo mira gimana?

enggalicious said...

emang bner sob ,
ga semua yang bisa nyenengin sseorang bisa nynengin org lain .
sama kyak nelayan ama juragann tadi ..

mira said...

*ferdi : hahah, gw juga heran gw bisa bijak gitu (yihhaaa bijak dang)

*tukang komen : prinsip hidup aj dah mas..

*henny : turut senang kalo bisa bermanfaat buat yg lain =))

*gaelby : thank u.

kakve-santi said...

tujuan hidup..

nikah!

mira said...

*kawanlama95 : siang.

*hamstercopo : iya, ak juga suka bgt yg kedua.

*missyvinna : hahah, diam2 aj y kita vin ;p
iya,orientasi kebahagiaan tiap orang kan beda-beda. tergantung individu masing2.

*enggalicious : yup..=) thanks uda mampir..

Tri Wahyudi Iman Dantara said...

baca dulu..
hehe

nightlovers said...

kepuasan materi itu jelas beda ya. ada yg merasa blm puas klo blm punya mercy, tp sebaliknya ada yg sudah puas even hanya naik sepeda. memang benar, tergantung bgmn kita menikmati hidup kita & memberi kenyamanan pada kita, sampai dimana rasa kecukupan kita. :)

Andie Gokil said...

kayaknya yang tentang nelayan itu pernah baca dibuku deh.
:D

asik tuh.
jadi pengen baca lagi sob
hee
:D

eh sekalian,
ada yang baru diblogku,
koment yak!!!!
AAA AAAAA AA AAAAA AAAAA AAA!!!!!!!
(capslock attack mode on!)

Andie Gokil said...

sekali lagi yah mir.
MHUAHAHAHHAA.
:D

Bisnis Online said...

kalo aku sih pengen kaya raya, hidup bahagia dan meninggal masuk surga

mira said...

*kakve-santi : is it ur final destination? wkwk..

*tri wahyudi iman dantara : silahkenn...

*nightlovers : yes yes! >,<

*andie gokil : iya kan uda dibilang ceritany emang dari buku. gatau kamu baca dimana, kalo ak sih bacany di buku pelajaran agama Katholik SMP (ak sekolah di sekolah Katholik dulu)

*bisnis online : bahagia dunia akhirat! amen..

bunga raya said...

LOO kirain mira dah pasang link aku..kalau aku dah pasang link mira dri kemarin kemarin kali

yanuar catur rastafara said...

udah aq link back mira
tengkyu yachhh
hehehehehe

mira said...

*bunga raya : hoo..masa siihh?? thank u >,< >,< >,<

*yanuarcatur : okok.. ;)

White_Angelzzz said...

bener banget. hidup ga bisa terus diukur pake uang. nicepost and inspire bgt kak.

salam kenal.
*KHaii_*

guskar said...

iya, yg punya artikel ini bijaksana banget. mestinya ia saat ini sdg bahagia, krn sdh mau berbagi dengan postingan yg mencerahkan ini.

ang said...

nice post mir...very inspiring...
aplg cerita kedua...andainya sku bisa begitu...

mira said...

*White_Angelzzz : iya makasi^^ salam kenal juga..

*guskar : masih jauh dr kata bijaksana, tp insya Allah bisa seperti si nelayan yg selalu berbahagia itu.^^

*ang : heu^^ thanks.. iya, nelayanny salut bgt yah..

pakwo said...

bernar sahabat, tujuan hidup memang tergantung pada pandangan dan cara masing-masing,Jadi kalau sudah merasa cukup oke...kalau masih kurang dan tetap berusaha dan bersyukur. oke...salam sukses. mantap nih....