Monday, July 20, 2009

pola tidur

sekarang tepat pukul 00.00 , midnite, dan gw sama sekali belum ngantuk. tanya kenapa? karena tadi gw tidur sore (dari jam 16.30-19.00). berasa batman deh. eh, batwoman ding.
sekarang pola tidur gw bener-bener kacau. biasany gw ga pernah tidur siang, tapi kalo malam jam 9 aj gw uda tepar. paling lama jam 10 tuh gw uda tidur. (sampe dikatain dosen gw mr. Gultom yg terganteng itu gw kyk baby, masa jam 9 uda tidur) tapi sekarang ini mata belom mau merem kalo belom lewat tengah malam. parah. gw sendiri gasuka dengan perubahan ini. ngapain gw jam jam segini belom tidur kan. online juga sepi. belom lagi pagi ny gw jadi telat bangun padahal tiap hari kuliah pagi. (sial!)

ok, gw bertekad. mulai besok, gw ga bakal tidur sore. sengantuk apa pun gw ga bakal tidur!! ga bakal!! *kecuali ketiduran..
dan sekarang gw juga mau tidur. walau belom ngantuk, paksain mata buat merem aja. *duh, mp4 gw dipinjem jhony, gabisa dengerin instrument pengantar tidur deh..

(plak-plak) gapake keluhan. gapake alasan. kamu mau berubah kan anak muda? jangan pertahankan kebiasaan yg gabaik ini.
ayo skrg tidur! jangan lupa alarm biar ga telat bangun.
homework uda dikerjain? (udah)
materi kuliah uda dibaca? (belom, besok aj pas ada selingan)
hape uda di re-charge? (FULL!!)
ada pulsa ga buat on-line di kelas? (ada dong!)
ok, persiapan buat di kelas besok uda mantap.

sebelum tidur, ini gw kasi beberapa mitos yg gw baca-baca soal tidur. emang kurang nyambung ama topik gw, tapi gapapalah. here they are..

8 mitos tidur oleh Mark Stibich, Ph.D- ahli yang menangani perubahan tingkah laku-menjelaskan fakta-fakta tidur yang baik dan sehat

1. Tidur bukan sekedar istirahat..
Menurut Mark, melalui tidur tubuh juga kita melakukan maintenance rutin, menciptakan ingatan jangka panjang, dan memperbaiki kerusakan-kerusakan. Keesokan harinya tubuh maupun pikiranmu bugar jika tidur 7-9 jam tiap malam.

2. It’s ok kurang tidur sejam.
Salah. Faktanya, jika kamu kurang tidur secara kumulatif, maka kendali tubuh menjadi error: mengacaukan hormone-hormon yang memonitor nafsu makan, mood yng berubah-ubah, dan juga menaikkan risiko penyakit kronis.

3. Merubah-ubah jadwal tidur.
Tubuh kita bekerja sesuai dengan jadwal yang sudah teratur. Saat kamu berpindah ke tempat yang berada dalam zona waktu jauh berbeda atau mengambil kerja shift malam, kamu menagacaukan sense tubuh akan waktu. Akibatnya, kamu jadi susah tidur dan kehilangan fungsi penting dari tidur itu sendiri. Perubahan waktu tidur 1-2 jam saja, konsekuensinya tubuh harus memulihkan diri dalam 1 hari.
(ini nih masalah gw!)

4. Lebih tua, perlu tidur lebih sedikit.
Well, maksudnya `jatah` tidur itu berkurang seiring bertambahnya umur, gitu?? Ya enggak laah…Faktanya, tubuh yang menua berarti lambat beraktifitas dan rentan penyakit. Dengan kurang tidur, malah mempertinggi resiko penyakit. Bagi orang-orang yang berumur tua, disarankan rutin check up ke dokter apabila tidur tidak proporsional.

5. Ekstra waktu tidur memulihkan keletihan.
Sebenarnya kita tidak harus menambah waktu tidur malam untuk memulihkan keletihan tadi siang. Jika kamu memang sudah tidur 7-9 hari semalam, maka harus mencari sumber tenaga lain agar tidak letih. Coba dengan berolahraga atau berjemur matahari.

6. Tidur siang cuma membuang waktu.
Tidur siang itu mengartikan tubuh kamu sedang mencuri-curi waktu untuk menggantikan kurang tidur. Dan kita juga bisa berlatih tidur awal (tidak larut malam) dengan tidur siang. Tapi bagaimanapun juga, Tidur siang lebih dari 3 jam malah bikin susah tidur malam harinya.

7. Mendengkur itu normal.
Umumnya orang mendengkur saat tidur. Tapi frekuensi dengkuran itu sebenarnya mengindikasikan adanya masalah, sperti sleeping apnea. Jika kamu memang selalu mendengkur dengan suara kencang, sebaiknya diskusikan dengan dokter.
(alhamdulillah gw ga ndengkur. wkwkwk..)

8. Cemas meyebabkan insomnia
Rasa cemas hanya menyebabkan susah tidur yang temporary, bukan insomnia. Insomnia disebabkan factor tertentu lainnya. Kondisi kesehatan dan obat-obatan mendorong kita susah tidur. Bukannya istirahat, biasanya yang timbul malah rasa cemas, depresi, arthritis, dan lain-lain yang bertambah parah di malam hari. Sebaiknya temui dokter untuk mengobati insomnia.

so, penyakit tidur mana kah yg kamu derita? mudah2an ga mendengkur atau insomnia ya, menurut gw dua itu yg bermasalah he3..

gw tidur dulu ya. doain pola tidur gw bisa normal lagi. gudnite eniwei.. >,<

19 comments:

Arman said...

hehe gua mendengkur... terutama kalo lagi cape banget, tambah kenceng dah dengkurannya... :P

ajir said...

pola tidur tu bagusnya jam 6 pagi, tros bangun jam 5 sore..kaya kalong..makanya kalong bisa terbang, coz pola tidurnya bagus :D

Ivan@mobii said...

Letak salah mu cm tdur sore itu. Ntr jg kembli ke jam tdur semula kalu u gak tdr sore lg !!

mira said...

*arman : wakakak, kasian dong esther

*ajir : kalo gt ntar gw bisa terbang dong ntar? wkwkwk..

*ivan : iyap! kan uda ditekad-in ntar ga bakal tidur sore vn. apapun yg terjadi jangan sampe tidur ntar sore!!

nh18 said...

Hmmm ... Ilmu Tidur ...

Simple ... but sumpah saya baru mengetahuinya ...
Terima kasih banyak ya
Ini pengetahuan baru bagi saya

Salam saya

Dunia Polar said...

hooooaaammmmmmzzzz....... aku ini baca sambil tidur loh :D
btw judulnya tu kok gak enak yah, ada yg kurang deh kayaknya.
yg cocok tuh polaRRRR tidur :D

~noe~ said...

untuk case ini, aku yakin dirimu ndak bisa tidur karena nulis postingan ini. mantabs sekali ulasannya. baru tahu aku kalo kelebihan tidur tidak akan mengembalikan kelebihan tenaga yang dikeluarkan kemarin.
salam...

mira said...

*nh18 : haha, itu juga saya baru dapet info ny waktu nyari tau gimana biar pola tidur saya normal lg. nemu mitos itu langsung copycat aj Xp

*omPOL : wew,, tidur sambil baca gimana cara ny?

*noe : iya, soalny waktu tidur yg uda lewat gabakal bisa tergantikan.

yanuar catur rastafara said...

aq datang
dan aq adalah
insomnier
ikikikiiikikik

bunga raya said...

salam kenal salam sayang dan salam hangat dariku sahabat......sudikah singgah kerumahku.....?sehhhhhhhhh

Ferdi Fauzan said...

gw semakin kurus klw ga tidur2 malam...
pdhl tdur malam t penting bgt, klw ga bakal aneh2 aja perasaan, merinding kemana2. hakz..

mira said...

*yanuar catur rastafara : periksain ke dokter atuh kalo beneran insomnia

*bunga raya : salam kenal balik

*ferdi : makany yg seimbang.. *sok menggurui gitu.. >,<

bunga raya said...

aku sama si yanuar memang kelelawar malam ko mir tiap malam pasti begadang...cemana ga isomnia coba...
begadang ampe subuh...bantuin donk apa obat isomnia ntuh...ikut mejeng ya aku follow tuh

Andie Gokil said...

itu mah waktu gw libur.
tidur jam 4.
bangun jam 8.
tidur lagi.
bangun jam 3.
:D

eh ya sekalian,
ada yang baru di blogku.
koment yak.

salam perjuangan!!!
KEEP ENTER!!!!!

arunaspot said...

mencium iler sendiri dapat menyebabkan ngantuk lebih nyenyak..

hyhahahahaha....

mira said...

*bunga raya : obat insomnia? waduh kagak tau tuh. ke dokter makany..
(ak follow balik)

*andie gokil : ya ya ya

*arunaspot : saya ga ngiler. anjuran denied.

bunga raya said...

malam sahabat apa kabar.......pekan dimana sihhhh yeachhhhhhh mulai deh tanya tanya hiksssssss

arunaspot said...

saia tidur sambil jongkok...
apakah ini mempengaruhi pencernaan?

*OON mode: ON*

mira said...

*bunga raya : wweleh, kenalan kok disini?? tp gapapa lah hehe^^

*arunaspot : sejauh anda tidak makan saya rasa tidak apa-apa. paling-paling sembelit krn nyangkut disitu kotoranny, wkwkwk..