Tuesday, December 22, 2009

Jangan Bunuh Mereka!!

#ahem
Postingan ini saya dedikasikan untuk Poppy yang sekarang berada ntah dimana.. Dan juga Pipi yang telah meninggal dunia..


Tau ngga? Ular atau hewan mana pun ngga bakal mengganggu kita kalo ngga ngerasa terganggu. Gw pernah tuh nemu kalajengking di gudang di kampus gw, dan waktu diambil kalajengkingnya sama sekali ngga nyengat padahal bisa diekornya masih ada. Kita sempat main-main sama kalajengking itu seharian. Sesekali memang dia menegakkan ekornya tanda siaga satu atau dia ngga nyaman sama sikonnya, tapi setelah gw tutup dan tiup-tiup dia adem lagi. (Kalajengking suka tempat gelap dan dingin, jadi tinggal taro dia di tangan, tutup dengan tangan yang satunya lagi, lalu tiup-tiup, dan dia akan merasa cukup nyaman dan ngga terancam lagi). Kalajengkingnya gw kasi nama Poppy. Awalnya sih mau gw piara, tapi keburu diilangin sama Jony. hiks.


ini Poppy



Erma, Poppy, Gw




Percaya deh, ular menyerang karena dia merasa takut terhadap kehadiran kita yang dianggapnya akan mengancam keselamatan nya. Bedanya, kita kalo takut kabur, tapi ular kalo takut nyerang. Jadi kalo ketemu sama ular, jangan buat gerakan tiba-tiba karena si ular akan terkejut dan mengira dirinya akan diserang. Karena itu dia menyerang duluan.
Jadi, apa yang sebaiknya dilakukan jika ketemu ular?

1. Mundur pelan-pelan, ular sensitive sama gerakan tiba-tiba yang dianggapnya sebagai tindakan penyerangan walaupun niat sebenarnya itu mau kabur. Ular sebenarnya buta lho. Mereka mengetahui keadaan sekitar melalui sensor yang ada dilidahnya, jadi kalo lihat ular menjulur2kan lidahnya, itu bukan gerakan yang tidak ada tujuan. Ular mendeteksi keadaan sekelilingnya, mengetahui jenis mangsanya apakah tikus atau burung atau makhluk lainnya, mengetahui musuhnya dan perubahan cuaca melalui sensor yang dikirimkan dari lidah ke otaknya. Makanya ular sering meletin lidahnya kalo lagi mengincar mangsanya atau jika ia merasa ada musuh yang membahayakan dirinya. Dari lidahnya, ia mengetahui pergerakan dan posisi dari si mangsa atau si musuh. Cukup bergerak perlahan, menjauh dari si ular dan bergerak cepat menghindar jika ia mematuk.

2. Hati-hati kalo kepala ular tegak dan lidahnya keluar berdesis. Biasanya dia sedang memperhitungkan dimana posisi kita berada dengan mengirim informasi dari lidahnya. Mendesis sbg tindakan memberikan peringatan akan menyerang, dan kepala yang berdiri yang setiap waktu bisa menjulur cepat mematuk kita. Makanya jika kita bergerak tiba-tiba disaat si ular dalam posisi spt ini, si ular akan menyerang duluan dengan cara mematuk, karena dikiranya kita bergerak untuk menyerangnya.

3. Ular hanya melakukan serangan mematuk sekali-dua kali lalu ia akan kembali menjulurkan lidahnya untuk mengetahui posisi musuhnya, apakah terkena patukannya atau tidak atau sudah berpindah posisi. Dan untuk proses ini ular membutuhkan beberapa waktu yg cukup lama untuk mengumpulkan informasi. Di saat ular sedang mencari informasi tentang keberadaan kita dengan lidahnya inilah, saatnya untuk melarikan diri..

Gw pengen sih miara ular, tapi ga bakal dibolehin. Miara kucing aja diomelin, apalagi ular. Padahal banyak hewan yang pengen gw piara. Kucing, ular, Poppy >,< , curut atau mencit, tau mencit ngga? tikus kecil yang putih itu, lucu lho.. Trus gw juga pengen punya kura-kura, dll. Cuman ya itu tadi, ngga dibolehin he3.. Untuk saat ini puas dulu deh sama Kimi dan Momo..


nah, yang ini Pipi, ularnya Ary



ini ular ngga tau. tapi gw pengen #halah

53 comments:

Ivan@mobii said...

Pertamaxxx

Ivan@mobii said...

Ehmm, ak juga suka ular... Mugkn ferdi gugup jd jaln keluarx yah d gebuk pake kayu itu... Tp aku geram dgn hewan berbulu, ex: anjing,kucing,ayam,kambing,dkk. Ak akan kabour kalu brtemu dgn mrk.

bluethunderheart said...

kunjungan perdana
salam hangat selalu

nakjaDimande said...

Bundo ga akan bunuh, tapi Miraaaaa..! jangan deket-deket sama bundo..

ninneta said...

waaaaaaaaahhhh ngeri bener.... mainnya sama kalajengking.... hebat hebat... mungkin si ferdi udah ketakutan banget kali... dia nggak tau gimana nanganin uler di dapur... hehehehe

minomino said...

wawhh! hebat!

dulu saya tkut banget sama ular,gara2 pertama ketemu ular malah yg ukuranny GEDE bgt....

tp skrg malah penasaran :p

TyMo_ said...

wah, harusnya jadi panji sang penakluk, (atau petualang sih), neh hehe..

Andie said...

maap baru mampir bos.

ok. terkadang kita refleks aja gitu pengen bunuh-bunuhan #HALAH

tapi boleh juga nih tipsnya buat namabah ilmu kalo dideketi kamu. #kabur

LeBay said...

tapi gw takut ular Mir...kalo mendadak ketemu gimana dong? masa harus latihan dulu? soalnya gw pasti reflek loncat kalo liat ular :(

gw takut miskin juga loh #apasih

mira said...

Ivan : wkwkwk.. kenapa kabur van?? mereka kan lucu..

bluetunderheart : perdana apaan? pernah kok sebelumnya kesini. ketauan nih mampir tapi gabaaca..

Bundo : xixixi.. bundo takut yaa...

ninneta : alibinya sih begitu nin.. tapi tetap aja aku kesal. >,<

mino : ga apa2 mino, ular kalo besar emang bahaya, kita bisa ditelan.. kalo kecil ga apa2, asal kita ga agresif..

omcep : kalo panji mainnya yang besar2 om, ular nya yang besar, anaconda kalo perlu he3.. buaya juga. kalo buaya aku ga berani deh.. takut dicaplok. :P

mira said...

andie : apa maksud anda anak muda?? #patuk

LeBay : kalo phobia ya harus dilawan dengan ketakutannya om. takut ular, datangin ularnya! xixixi..

Lina said...

tipsnya mantab.
di kampus saya dulu ada snake hunter club. bertujuan melestarikan keberadaannya.
ironisnya, ketua SHC meninggal dunia terkena bisa ular....
hiks, jadi sedih inget itu.

ferdivolutions said...

makasih ya udh taro link gw di postingan u... hehe. tapi mnrt gw lebih baik postingan u ga bawa nama gw deh. @miwwa

ferdivolutions said...

alangkah lebih baik jika mau posting sesuatu dicari cara dan bahasa yang lain untuk tidak memojokkan seseorang.

Ivan Kavalera said...

Tips hebat nih untuk menghadapi ular. Padahal tips ini salah satu rahasia pawang ular lho. Termakasih telah dishare di sini. Soalnya di kampung saya juga banyak ular.

Bang Ais said...

jah gak ada link blog gw di blogrolnya ..padal di tmpt gw dah dari dulu... wuaaaaaaaaaaaa....

Ikan-Laron-Semut said...

haduh2.. dilema nih.. saya juga kayaknya bakalan ngelakuin hal yang sama kayak ferdi.. saya belum bisa nangkep ular gitu..

Sari said...

Ya ampyuunnnn...sukanya sama hewan2 serem yak...
aku ga berani tuh megang2 semua hewan yang kamu suka itu, walopun aku juga ga tegaan sama hewan :)
Hiii...

Powerrangga said...

kakak gw juga pelihara ular n dia bner" terobsesi ma ular.di rumah gw (yg dibogor) ada ular,burung hantu dll (makanan" ular).
pertama sih risih bner coz takut kluar kandang.tapi lama" biasa ajah,..bisa dibilang lbih bahaya manusia dibandingin binatang.Tapi klw kalajengking,..enggak dehhh.bikin meeriiinndoooong *kabur*

Powerrangga said...

tapi gw suka panda,beruang,harimau,serigala,gajah,.....

Powerrangga said...

owh ya wktu kecil gw sering beli itik yg warna-warni n gw lempar2in ke kolam sampe mati,..sumpahhh itu wakktu kcil n gw gk ngerti! *mohon amppuun*

Powerrangga said...

komen ke 4!! fyuuuh,... *narik nafas...

anindyarahadi said...

iyah.. ferdinya ngga tau kali mir mesti ngapain.. coba kamu posting ini duluan daripada si fedi ketemu ular..

oia ayo kerumahku kalo mau dibikinin pisang bakar :D

Powerrangga said...

komen ke 5!!!!
gw gak suka serangga,apapun itu.Dan gw paling gak suka dipanggil se-RANGGA #penting

caca said...

waaaaaaa mir... kamu keren branian...^^

SeNjA said...

miraaaa,....ya ampuuunnnn,kamu berani bgt He,...

semua binatang yg kamu sebutin tadi udh bikin aku ngeri,...apalagi tikus kecilll aduhh aku bisa kabur deh !

kucing yg lucu aja tuh aku suka ,asal jgn kucing kecilnya ya hehe,...

tapi,kamu keren girls....

Aulawi Ahmad said...

bener katamu, ular n sebangsanya tak akan menggigit kalau gak merasa terancam..tapi itu tadi kita kadang terlanjur takut n puanik hingga reflek tuk memukulnya he2, so tergantung orgnya ya :)

Noor's blog (inside of me) said...

Wuiiih..ternyata non Mira berani ya sama ular...hebat..hebat..!!

RanggaGoBloG said...

wah pecinta ular yah....

saya anti ama ular... sekali pernah suruh megangin ular peliaraan temen... bis itu tobaaat... kagak mau2 lagi megangin tu ular...

Aditya's Blogsphere said...

aq suka bgt ma binatang yang buas atau berbisa.....klo pas berburu yang paling aq cari tuh kalajengking hitam n macan cecep yang ukuranya sekucing itu hehehe (kalajengkingnya buat jamu ahahaha)

mira said...

Lina : waduh.. kasian banget ketua nya.. >,<


ferdivolutions : sorry.

Ivan Kavalera : haha.. kalo berhasil nangkap ular aku minta satu dong..


Bang Ais : sorry om! segera saya pasang!

Ikan-Laron-Semut : jangan panik om, diem aja sampe dia pergi..


Sari : lebih baik dibiarin aja mba.. biarkan mereka hidup di alam bebas..

Powerrangga : kakak lo keren! kenalin!!

p.s: JANGAN nYEpAM!! #BUNUH

mira said...

anindyarahadi : iya, ayo ayo!! pisang bakar yummi!!


caca : coba deh ca, mereka itu ga semenakutkan penampilannya kok..

SeNjA : kucing kecil juga gamu mba??


Aulawi Ahmad : setelah baca postingan ini mudah2an gapanik lagi ya.. :)

Noor's blog (inside of me) s: emang si oom ga berani?


RanggaGoBloG : ga pecinta om, cuma ga takut aja sama mereka.. asal jangan yang gede bisa belit dan yang galak berbisa aja hihi..

Aditya's Blogsphere : jangan dijamu!! >,< kasian kan mereka...

Desi Eria R. said...

Ya ampuuun, kamu mira.
sukanya sama ular hehe.

ratna wulandari said...

ya ampun mir...

kamu berani banget ya..itu kan binatang yg serem2 n danger lagi..

pokoknya mira mang the best deh..salut

ratna wulandari said...

ya ampun mir...

kamu berani banget ya..itu kan binatang yg serem2 n danger lagi..

pokoknya mira mang the best deh..salut

Ra-Kun said...

haduh, fotonya... =_=a

MIGOMAGI Brand said...

wewww...kamu berani sekali yaa...

mira said...

Desi Eria R. : ngga suka juga sih mba, tapi ular itu lucu juga loh..

ratna wulandari : mereka ga berbahaya kalo kita ga membahayakan mereka kok na..

Ra-Kun : hihi maap om sekalian narsis..

MIGOMAGI Brand : berani karena benar. #halah #ganyambung

Elsa said...

wiiiiiiiiiiiii.... Mira Keren!!!!
aku sih mendekat aja takut banget.
aduuuuh, kok bisa gitu ya... ,malah pelihara ular sama kalajengking?
wadu waduh....
(geleng geleng kepala nih)

Lisha Boneth said...

gila... si mira temenan sama ular dan sejenis..

nggak kebayaaanggg...

saya aja ngebayangin ular, bisa nggak tidur sebulan (bo'ong bangettt), serasa idup saya tuh udah nggak aman.. hehehe..

ahhh salut deh sm mira..

mir, loe siapanya panji sih?? hihihi

mira said...

Elsa & Lisha : ya ampun.. apa sih kerennya megang ular?? kalian coba deh sekali2, ga kenapa2 kok..

yanuar catur rastafara said...

aq suka nih ama hewan ini, ular..
tapi sumpah, aku takut banget kalau suruh pegangin
hehehehe

Alfaro Lamablawa said...

WOOOW...kamu berani bgt.
salam kenal yah girl

aziz si anak kost said...

sip, setuju,

aq juga suka

makhluk2 extrm

Henny Y.Wijaya said...

huwaaaaaa...jarang mampir ke sini ternyata mira udah pelihara yang aneh-aneh. hihihi. how r u dear? rambut kok makin pendek aja??

eh iya, tulisan judulnya bagus tuh :)

Henny Y.Wijaya said...

huwaaaaaa...jarang mampir ke sini ternyata mira udah pelihara yang aneh-aneh. hihihi. how r u dear? rambut kok makin pendek aja??

eh iya, tulisan judulnya bagus tuh :)

Cloud said...

wah parah nih peliharaannya klo beneran tuh dipelihara.. -__- ngeri juga... segala mau di pelihara.. jangan jangan besok besok gorila juga dipelihara ya.. hahaha..

bikin kebun binatang aja nanti.. biar bisa banyak kan.. :D

mira said...

yanuar : coba deh sekali-sekali pegang. tapi jangan yang galak he3..

Alfaro Lamablawa : udah sering mampir kok masih bilang salam kenal?


aziz : TOS!!

Henny :wahahaha.. henny darimana aja lama ga nongol?? iya nih potong rambut lagi.. ganteng ga?? xD

Cloud ide bagus!! brilian!! cerdas!! makasi ya idenya. >,<

Ayas Tasli Wiguna said...

ty for the tips kkk :p

sibaho way said...

penyayang binatang tho...
ular membuatku ngacir, mending ngadepin anjing galak :D

morishige said...

wedew! piaraannya mengerikan. saya mending piara kucing atau marmut aja. gedean dikit macan lah.. hehe..

jani ungkal said...

wah hebat kamu.....
kalo singa 10 hari nggak makan bisa dijinakkan nggak.kek dipegang2 gitu.hehe

Vie™ said...

Hiiiiyyyyy....