Saturday, December 18, 2010

Whether or Not

Whether the weather is fine
or whether the weather is not
whether the weather is cold
or whether the weather is hot
we'll weather the weather
whatever the weather
whether we like it or not


diposting di suatu siang dimana cuaca di Pekanbaru sedang panas membara membakar semua raga yang ada di atas muka buminya. #halah #berle

Tuesday, December 14, 2010

The Legend!


Dapat kiriman paket dari:


saudara Primebound, yang tentu saja ditujukan kepada:






Isi dari paket tersebut adalah:



Jengjengjeng!!! Sebuah kaos dari distro XXX edisi The Legend yang kiyut banget karena Beatles nya berbentuk kartun begini..
(btw, label harganya masih nempel lho)



Dan yang paling saya syukuri adalah kaos ini bisa muat di badan saya yang tidak bisa dibilang sedang-sedang saja ini. Terimakasih. :))

Saturday, December 11, 2010

Zona Nyaman


Zona nyaman merupakan suatu zona dimana lingkungan dan kebiasaan yang kita lakukan sudah terasa nyaman tanpa perlu menciptakan sebuah resiko.

Seperti saya yang hidupnya biasa – biasa saja. Sangat biasa dan saya tidak melakukan perubahan apapun dalam hidup saya. Cukup begitu – begitu saja.

Pertanyaannya adalah, mengapa saya puas dengan kehidupan saya begitu – begitu saja dan tidak melakukan perubahan? Karena saya merasa segala yang saya punya, segala yang saya jalani, sudah cukup dan saya nyaman menjalaninya. Masalahnya adalah, ternyata ada beberapa orang yang cukup "perhatian" pada saya den menurut mereka pola hidup yang saya jalani merupakan pola hidup yang tidak mengarah pada pencapaian luar biasa. Saya tidak tau mengapa saya harus melakukan pencapaian yang luar biasa. Apa salahnya dengan hidup di garis standar seperti yang saya lakukan sekarang.

Oke saya akui, kehidupan saya memang sangat biasa. Mahasiswa semester 7, segalanya masih ditanggung orang tua, kerjaan saya sehari-hari itu cuma ke kampus, kuliah, maen, pulang, ngerjan tugas kalo kepepet pake sistem kebut semalam pula. kegiatan eksta, ga ada. organisasi, ga juga. memang benar-benar ga ada kegiatan tambahan. diajak ikut ini, nolak. diajak gabung klub ini-itu, males. diajak ikut lomba atau nyoba beasiswa, takut. Ya mau gimana, saya sudah terbiasa seperti ini. Hidup seadanya ga berharap bisa menguasai ini itu, mendapatkan ini itu, apalagi memenangkan sesuatu. Ntahlah, saya memang bukan orang yang optimis. Dalam melakukan sesuatu saya selalu memikirkan kemungkinan terburuknya, jadi saya memilih untuk tetap berada di titik keberadaan saya sekarang daripada mencoba namun justru mundur dari titik yang sekarang. Pengecut? You may say so.

Pengertian zona nyaman tak ambil dari sini yo.

Wednesday, November 17, 2010

#2 Untitled

A short course in human relations:

The six most important words : "I admit that I was wrong."

The five most important words :" You did a GREAT job!"

The four most important words : "What do you think?"

The three most important words : "Could you please. . ."

The two most important words : " Thank you!"

The most important word : "We"

The least important word : "I"

Sunday, November 7, 2010

Wong Ndeso(?)



“Terhenyak ketika membaca: ‘Ndeso itu buang sampah sembarangan dan banyak wong ndeso di Jakarta yang suka buang sampah sembarangan.’ “ tweeted by @lynxluna and retweeted by @tediscript.

Dan saya pun ikut terhenyak ketika membaca tulisan itu. Apa hubungannya buang sampah sembarangan dengan ndeso? apa sesuatu yang ndeso itu sudah pasti yang jelek? Dan semua yang jelek-jelek itu sudah pasti ndeso? Kok kesannya sangat tidak adil dan mendiskreditkan desa begitu. Memangnya apa yang salah dengan menjadi orang desa? Toh cuma perbedaan nasib dan kesempatan saja ada yang dilahirkan di kota, ada yang dilahirkan di desa, ada yang dilahirkan di Amerika, ada yang dilahirkan di Surabaya. Kita toh gabisa minta mau dilahirkan dimana, di keluarga macam apa, dan dalam kondisi seperti apa. Semuanya sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa dengan hikmah di balik setiap keberadaan kita. Oke, saya mulai sok bijak.

Tapi intinya, saya heran. Apa masalahnya dengan status orang desa? Saya tidak malu mengakui bahwa saya orang desa. Kampung saya nun jauh di sana kota kecil terpelosok penghasil ikan di pinggiran selat Malaka yang bahkan namanya belum pernah terdengar oleh kalian. Terus kenapa? Apa dengan menjadi orang desa berarti berstatus lebih rendah dari orang kota? Ohooo.. belum cenchuuw..

Masalah kebersihan lingkungan begini menurut saya ga ada hubungannya sama status wong ndeso atau warga kota. Ini cuma masalah kepedulian, yang justru semakin jarang ditemukan di kota-kota besar.

Balik ke masalah wong ndeso, mungkin benar, tingkat pengetahuan sebagian besar orang-orang desa lebih rendah dari pada orang kota. Namun itu bukan berarti mereka bodoh dan ga peduli. Apalagi dengan tuduhan “buang sampah sembarangan itu ndeso”. Helloooo~ Ada bukti apa sungai-sungai di Jakarta sono dicemari oleh para wong ndeso? Lo kate Jakarta doang yang punya sungai? Sebanyak itu sungai-sungai lain, tapi kok yang sering kebanjiran Jakarta mulu ya. Di desa-desa apalagi. Kagak pernah nonton TV lo liat noh sungai dan perairan-perairan lain yang ada di desa malah jauh lebih bersih dan jernih daripada sungai-sungai di Jakarta. Trus apa? Yang tinggal di desa itu orang-orang kota? Ngik-ngok..

Ga adil banget kan menilai seseorang hanya dari tempat asalnya, desa atau kota. Gara-gara persepsi umum terhadap wong ndeso dan orang kota sih ya. Wong ndeso ya nganggap orang kota itu biasanya kaya, cakep, penampilan oke, dan pintar. Begitu juga sebaliknya, orang kota nganggapnya wong ndeso itu kurang mampu secara ekonomi, ga gaul, norak, penampilan seadanya, dan memiliki tingkat intelektualitas dan intelegensi yang rendah. Padahal ga begitu kenyataannya. Siapa bilang orang desa ga ada yang tajir, gaya oke, cakep, dan berintelegensi tinggi. Dan liat pula realitas orang-orang di kota yang cukup banyak menyajikan kemiskinan dimana-mana.

Tapi ya gabisa dipungkiri sekarang ini sebutan wong ndeso itu sering banget dipake dan memang terkesan sangat menyepelekan. Tapi jangan lupa dibalik remehnya sebutan wong ndeso itu masih tersimpan pandangan baik juga tentang sifat-sifat baik orang-orang desa yang lugu, ramah dan baik hati.


Yo wis ben wong arep ngomong opo
Yo wis ben aku ini memang wong ndeso
Yo wis ben arep ngomong empat mata
Yo wis ben sing penting ora kalah karo wong kota
Puas? Puas?

Monday, November 1, 2010

Bukan Review


Gw baru nonton Street Dance tadi. Ya! Tadi. Sedikit terlambat memang. Salahkan bioskop dua something itu atas keterlambatan tayang sebagian besar film-film nya. Sangat memancing semakin maraknya pembajakan padahal ya?
Oke, skip this thing.




Jadi, inti postingan gw kali ini adalah:
STREET DANCE WAS TOTALLY AWESOME!! Kya kya kyaaa!!!
GILA!! Keren parah sumpah!! Pengen nonton film itu lagi!! >,< >,< >,<
Sepanjang film sesak napas karena kebanyakan nahan napas. Tiap ada yang perform tahan napas. Ada yang nari, tahan napas. Sekeluarnya dari bioskop, napsu menari mendadak muncul dan membuncah, kalo ga ingat body udah kelojotan di jalan kali abis nonton itu film. Haha.. #labil

Honestly, gw ga begitu peduli sama jalan ceritanya. Yang gw perhatiin dari awal cuma gerakan-gerakan dan cast-nya doang. Diawal aja udah nongol si George Sampson, pemenang musim kedua Britain's Got Talent, yang herannya di film ini justru kebagian peran jadi Eddie, penari kacangan. Lalu ada pemanasan dari Team Jay 2-0 ; team pemeran utama di film ini yang juga keren banget. Lil Steph is my favorite dancer. She was so epic. Tsk!

Tampil berurut setelah Jay 2-0 ada FLAWLESS!! yang di film ini berperan sebagai The Surge, Rivalnya Jay 2-0. FLAWLESS?? FLAWLESS??!! Mami, Flawless gitu loh juara street dancer tingkat dunia yang bahkan diakui Simon Cowell sebagai penampil paling menghibur di sepanjang hidupnya?!! Gimana ga kelojotan kehabisan napas liat mereka kan iya kan iya kan?? #melting

Setelah kehabisan napas liat Flawless dan Jay 2-0, kita diberi sedikit kesempatan untuk bernapas dengan menyaksikan gerakan-gerakan anggun para balerina dan balerino yang tak lama kemudian justru menjadi street-ballet-dancers. Yap! Balerina dan balerino itu mempelajari dan memadukan gerakan street dance dengan ballet. Hasilnya? Saksikan sendiri di akhir filmnya. So STUNNING!!

Dan disela latihan para street-ballet-dancers itu, kita pun sedikit (?) dihentak dengan penampilan dari DIVERSITY!!Semangat AKU CINTA PERRI KIELY pun membuncah seketika melihat si bocah afro itu meliuk-liuk kesana-kemari. Sorry Ashley, biar elo leader nya, Perri ini jauh jauh jauh lebih menarik bagi gw. Maklum, jiwa pedofil lagi bergejolak huahaha.. Dan menurut gw, ini penampilan terbaik di sepanjang film ini. Tanya kenapa... XD

Tuesday, October 26, 2010

#1 Untitled

Happiness will never come to those who fail to appreciate what they already have. So, berbahagialah! (via: @198z)

Sunday, October 17, 2010

"Bu, boleh cubit pipinya?"

This is the busiest week in my life!!! HOAAHH!! Serius. Setelah sekian lama dimanja jadi mahasiswa, bangun siang dan sebagainya, sekarang kaget karena balik lagi ke kehidupan anak SMA. Dan yang bikin makin buruk, kali ini bukan sebagai siswa melainkan sebagain guru. Jeng jeng jeng!! GURU???
Bangun super pagi, berangkat dari rumah jam 6-an padahal sebelumnya gw bangun aja jam 8, perjalanan yang jauh bahkan lebih jauh daripada sekolah gw dulu, bikin semaput parah deh!!

Jadi ceritanya gw kan lagi PPL. Karena gw kuliahnya jurusan pendidikan ya teacher wannabe gitu laaahh.. Sekarang ini gw udah semester 7 dan memang sudah waktunya buat prakter mengajar ke sekolah. Mau gamau siap ga siap ya harus ngajar walau modal nekad doang, kalo ga ya ga lulus kan..

Setelah hompimpahalaihumgambreng maka gw pun ditempatin di SMA Negeri 2 Pekanbaru bersama teman-teman yang lain dari berbagai jurusan bahkan dari berbagai universitas. Lumayan excited karena ketemu sama teman-teman baru, lumanyun nerfes karena grogi sama guru-guru dan siswa-siswa yang bakal ditemui di kelas.

Seminggu ini gw belom masuk kelas sih, masih observasi lingkungan dulu. Hari pertama ya penyerahan oleh Dosen Pembimbing ke pihak sekolah. Kenalan sama guru-guru. Penentuan guru pamong. Ikut-ikutan acara sekolah. Ya masih begitu-begitulah. Jadi seharusnya gw belom masuk kelas sama sekali. Tapi malang tak dapat ditolak untuk tak dapat diraih kemaren gw disuruh DADAKAN sama guru pamong gw buat gantiin dia masuk di kelas XI IPA 3, padahal menurut perjanjian sebelumnya gw baru masuk kelas hari Senin besok di kelas X.7. Jelas gw keringat dingin parah dong.

Berbekal buku pegangan dan sedikit instruksi dari si Guru Pamong, maka gw melangkah sok tegar ke ruangan kelas yang dimaksud. Awal perkenalan dengan siswa-siswa, sedikit penjelasan materi, sampai ke pemberian tugas yang dititahkan si guru pamong berjalan lancar. Gw mulai PD berdiri di depan kelas walau kaki agak gemetaran. Sampai kemudian salah seorang memanggil dan bertanya:

Siswa : " Bu, boleh tanya?"

Guru : "Iya?"

Siswa : "Boleh cubit pipinya?"

Guru : *terdiam* *hancur berantakan*

Ada yang mau kasi masukan jawaban apa yang harusnya diberikan oleh si Guru??

Wednesday, October 13, 2010

Pada suatu malam...



















Pada suatu malam ketika saya dan Andie sedang ber-SMS-an… #halah

Saya : “Eh, Om Ata beneran mo nikah itu?

Andie : “Iya kayaknya. Sesama blogger hahaha..”

Saya : “Seriusan? Yakin Bang Mario itu ga becanda?

Andie : “Kayaknya engga deh. Om Ata sama Mba Dwina kan emang pacaran. Kayaknya sih..”

Saya : “AFA?!! Mereka bukan sekedar digosipin gara-gara foto di Medan itu ya? Haha.. Datang kamu? Aku cek attending sih tadi. Gaya gitu.. :P

Andie : “Ngga kayaknya sih ya.. Mba Dwina itu pernah ke sini juga kan. Heehee aku cek attending juga. Semoga aja inget haha..”

Saya : “Ajak-ajak oi kalo dating. Bawa apa?

Andie : “Bawa amplop kali ya?”

Saya: “Ga kado? -__-“

Andie: “Boleh. Kado apa tuh? Dispenser? Halah.”

Saya: “Gatau. Orang kawinan biasanya dikasi kado apa? Lingerie? PLAK!

Andie: “Kasi Ir*x yok!! NEKAT? Wakakak.. “

Saya: “Itu namanya menghina oi! Tersinggung Om Ata nanti haha

Andie: “Kok nyinggung? Wakakak.. Dulu kakak aku nikah dikasi temennya Ir*x. haha.. Kapan cari kado?”

Saya: “Ntar Om Ata bilang ; ‘Lo kate gw ga mampu hah?!’ hahaha. Seriusan kasi Ir*x? Kamu yang cari!!

Andie: “Kok aku? CIH! Tampangku anak kecil begini ntar dikasi Sakatonik ABC woi!”

Saya: “Apalagi akyuuu. Ntar malah dikasi Bodrexin!!Kamu yg cari! Kan itu idemu!

Andie: “Idemu emang apaan? Ga ngasih! Nanti kita kasi gausah pake nama haha”

Saya: “Paling adil belinya berdua! Emang dimana belinya? Jelas jangan pake nama woi ntar kita dikejar Om Ata!!

Andie: “Ok. Kapan nikahnya? Asik ntar diam-diam aku kasi link blogmu haha”

Saya: “SYAITON! Awas kalo berani!!! Nikahnya hari minggu besok ga? Cek lagi coba!

Andie: “Ah males ah ah ah. Minggu depan kali ya. Jadi kapan nyarinya?”

Saya: “Alah tinggal liat di fesbuk aja pun pemalas!! Yakin nih kita cari berdua? Ntar kita dikirain penganten baru.. -______-“

Andie: “Gal ah muka ku polos gini. Pokoknya nyari yg jauh dari kawasan kita!!”

Saya: “Apaan tampang om-om mesum begitu. Aku yg kayak simpenan jadinya huex.. Eh nyari Ir*x itu dimana sih? Apotik? AHA!! AKu tau! Di Guardian SKA! Pernah liat disana barang-barang semacam itu!!

Andie: “Guardian? Rame! PLAK!!”

Saya: “Lah terus dimana dong? Apotik biasa ada emang? Harga Ir*x berapaan ya? Mahal ga sih? Miskin nih..

Andie: “ Apotik biasa aja. Tapi yg jauh dari rumah kita biar ga ketauan hahaha..”

Saya: “Sip! Kapan kamu ga les? Ntar aku samperin ke rumah baru kita cari bareng. Aku pake cadar ah huahuahau.. eh, tanyain kakakmu harganya berapa!

Andie: “ Tanya kakakku?Ga mau! Coba Tanya Om Mol! Dia tau tuh. Haha.. aku ntar pake kacamata dan baju lengan panjang.”


Sampai kemudian kami sadari pernikahan itu dilaksanakan di Medan. -__-"
Dan segala niat buruk itupun tak jadi dilaksanakan. Selamat menempuh hidup baru yayaya buat Om Ata dan Mba Dwina. Semoga pernikahannya Barokah. Kami turut mendoakan yang terbaik dari kejauhan.. #lambaisaputangan


Tuesday, October 12, 2010

Such a Boring Life

Kemaren siang di koridor kampus :

Yudi : "U know Rasputin?"

Teman : "No."

Yudi : "Ah, you are lame. You have such a boring life. You suck!"

Teman : (bengong)

Apakah dengan memiliki pengetahuan ttg Rasputin hidup mendadak jadi indah?

P.s : Untung waktu dia nanya ke gw gw tau. Soalnya gw pernah posting dan ngebahas soal Rasputin itu di sini.

Sunday, October 3, 2010

Insomnia


Minggu, 3 Oktober 2010.
4.12.
Terbangun dini hari tadi pukul 2.00 a.m begitu saja. Mungkin karena ketiduran terlalu cepat jadi bangunnya juga (ke)cepat(an). Maklum, jomblo sepanjang masa jadi kalo malam minggu emang agak nista. Justru malam minggu tidurnya cepat. Haha.

Sejak terbangun tadi gw gabisa tidur lagi. Biasanya kalo kebangun jam segini emang gabisa tidur lagi sih. Gatau kenapa. Jadi gw putusin untuk sholat dulu Isha dulu, soalnya gw ketiduran dalam keadaan belom sholat, Alhamdulillah juga kebangun.

Setelah sholat dan bikin secangkir cappuccino, gw stand by di depan laptop. Buat online tentu saja. Begitu laptop nyala dan terkoneksi dengan internet, hal pertama yg gw lakuin adalah buka twitter. Maklum twitter ini bikin nyandu. Bosen dikit buka twitter. Apa-apa update status twitter. Lumayan twitter-addict lah kayaknya.

Ada tiga orang yang (dominan) nyampah di Timeline jam segitu. Ada @aaimm, @deny_dithya, dan Mba @gullaly. Yang dua, @deny_dithya dan Mba @gullaly, nasibnya sama kayak gw, udah tidur dan kebangun lagi. Sedangkan yang satu, si @aaimm, belom tidur sama sekali. Menurut cerita yang gw denger dari @foreverma, @aaimm ini memang penderita insomnia. Kalo malam susah banget tidur. Kalo bisa tidur pun itu udah lewat duapertiga malam baru bisa. Kasian banget dong ya. Malam gabisa tidur. Pagi kuliah. Pasti tersiksa banget kuliah dalam keadaan ngantuk. Kalo tetap ga ngantuk ya minimal capek gitu. Gamungkin ga tidur dalam jangka waktu sekian lama ga capek.

Kasian banget liat @aaimm begitu gw jadi ikutan searching sana sini tentang insomnia. Ini yang paling menarik buat gw artikel yang ada di situs Pusat Ilmu Obat UGM atau Piogama.

Insomnia merupakan gejala kelainan tidur, berupa sulit untuk merasa ingin tidur (memerlukan waktu lebih dari 30 menit untuk merasa ingin tidur), sering terbangun dari tidur (total waktu terbangun lebih dari 30 menit), dan bangun pada pagi subuh dan sulit untuk kembali tidur (total waktu tidur kurang dari 6,5 jam). Kalo sampe kurang dari 4,5 jam (untuk laki-laki) / 3,5 jam (untuk perempuan) bahaya lho, memperbesar resiko kematian.

Insomnia dapat disebabkan oleh bebagai hal. Beberapa penyakit dapat menyebabkan insomnia, yaitu Parkinson, sesak nafas, flu, hipertiroid, hipotiroid, hipoglikemi, batuk, gangguan fungsi hepar, gangguan fungsi ginjal, gagal jantung, pikun, hipertensi, dan beberapa penyakit lain. Nyeri kronik akibat rematik, menopausal, kolik, neuralgia, kanker juga dapat menyebabkan insomnia. Suasana yang dapat mengganggu tidur di waktu malam adalah nokturia (berkemih di waktu malam), suhu udara yang terlalu panas atau terlalu dingin, bising (tinggal di dekat rel kereta api, pabrik). Ketergantungan obat atau alkohol atau tembakau atau kafein (kopi) juga dapat menyebabkan insomnia, beberapa obat lain seperti antidepresan, kortikosteroid, reserpin. Penyebab lain yaitu depresi, stress berkepanjangan, kecemasan, skizofrenia (gangguan jiwa), hipomania, dan berita buruk atau kegagalan memperoleh sesuatu.

Insomnia ada 3 jenis, yaitu insomnia kronis, insomnia transien, dan insomnia jangka pendek. Insomnia transien terjadi pada beberapa hari. Insomnia jangka pendek terjadi pada beberapa minggu dan dapat kembali seperti biasa. Insomnia kronis terjadi lebih dari 3 minggu.

Penyembuhan insomnia akan lebih efektif apabila penyebab insomnia diatasi terlebih dahulu. Ada 12 aturan tidur yang sehat (menurut WHO):
1. Berbaring di tempat tidur ketika benar-benar ingin tidur. Tetapi usahakan pada waktu yang sama ketika akan pergi tidur.
2. Jangan menggunakan ranjang untuk aktivitas lain selain untuk tidur. Aktivitas lain seperti membaca, nonton TV, makan, telepon. Kebiasaan menggunakan ranjang untuk aktivitas lain membuat kebiasaan untuk terjaga ketika berbaring di ranjang.
3. Pasang alarm untuk bangun pada waktu yang sama. Tanpa memandang lama waku tidur malam.
4. Usahakan untuk tidak tidur siang.
5. Jangan minum alkohol beberapa jam sebelum tidur. Alkohol dapat membuat tidur gelisah.
6. Jangan mengkonsumsi kafein atau obat mengandung kafein beberapa jam sebelum waktu tidur. Karena kafein sebagai stimulan, dapat meningkatkan denyut jantung sehingga tubuh dapat terjaga sepanjang malam.
7. Jangan merokok beberapa jam sebelum tidur. Rokok mengandung nikotin yang dapat meningkatkan semangat karena berefek sebagai neurostimulan.
8. Olahraga pada sore hari (6 jam sebelum tidur). Latihan peregangan otot atau jalan kaki secukupnya selama 20 menit. Hal ini akan meningkatkan metabolisme dan suhu badan, lalu akan menurun sekitar 6 jam kemudian yang berefek pada tidur yang nyenyak.
9. Sediakan waktu transisi untuk tidur degan mengurangi tingkat aktivitas sebelum tidur, hilangkan rasa cemas akan pekerjaan yang belum selesai, hari esok dan pikiran lainnya. Melakukan akivitas dengan tenang dan santai.
10. Membersihkan diri sebelum tidur, memastikan pintu telah terkunci, dan menyesuaikan pencahayaan lampu, supaya merasa aman dan nyaman pada saat tidur.
11. Memastikan tidak ada cahaya terang atau suara yang dapat mengganggu dan pastikan suhu ruang tidur nyaman.
12. Keadaan lapar atau setelah makan banyak dapat menghambat tidur. Bagaimanapun jika merasa lapar sebaiknya makan makanan kecil atau minum segelas susu hangat sangat tepat untuk mengatasi masalah ini.

Selain itu, kebutuhan magnesium dan kalsium sebaiknya dipenuhi, karena kekurangan keduanya dapat meyebabkan tidur tidak nyenyak. Magnesium dapat merelaksasikan otot dan kalsium berefek sebagai penenang pikiran. Kedua zat ini dapat diperoleh salah satunya pada susu. Karbohidrat kompleks yang terdapat pada roti dapat memacu pengeluaran serotin yang dapat merangsang rasa kantuk. Serotin juga dapat dipicu oleh asam amino triptofan yang terdapat pada susu, selain itu triptofan juga memicu pengeluaran hormon melatonin yang memerintahkan tubuh untuk untuk istirahat. Hormon ini akan dikeluarkan ketika sinar matahari mulai redup.


So, @aaimm, dicoba ya aturan tidur sehatnya. Semoga bisa membantu. :))


Sunday, September 26, 2010

Kerja Sambilan


Gw pengen banget kerja sambilan. Sebagian besar temen-temen gw udah kerja. Sambilan tentu saja. Ada yang ngajar. Ada yang ngajar. Ada yang ngajar. Sebagian besar emang pada ngajar sih. Kan kuliah gw jurusannya pendidikan jadi ya ujung-ujungnya ngajar.

Jadi kemaren ini gw sempat ditawarin temen buat ngajar juga. Ngajar les buat anak-anak SD Dharma Yudha yang notabene bonafit mampus dan bahasa pengantar di sekolahnya bahasa Inggris. Mampus. Gw semaput. Ga pede. Takut muridnya lebih jago ngomong Inggris daripada gw. Jadi gw tolak. Oke, gw bego ga berani ngajar. Padahal bayarannya lumayan menggiurkan. Tapi ya itu tadi, ngga PD.

Tawaran itu gw tolak ga cuman gara-gara bahasa pengantar bahasa Inggris tapi karena gw emang ngerasa gabisa ngajar. Percuma emang jurusan gw Pendidikan. Tapi emang gw gapernah punya cita-cita jadi guru ya gimana. Salah jurusan? Banget.
Jadi, lupakan masalah ajar-mengajar. Sekarang gw mikir kerjaan lain yang bisa gw lakuin selain itu. Nulis? Jadi freelancer di Koran atau tabloid mana gitu misalnya. Tapi kayaknya kok gabisa juga ya. Baca sendiri ini tulisan gw jelek. Nulis blog serampangan model begini aja gw ga becus, apalagi nulis sesuatu yang berbobot buat diterbitin. Ngimpi kali yeeee..

“Trus apa dong yang bisa lo lakuin, Miw?? Bahkan buat bermimpi aja lo ga berani.”
Hey hey hey. Gw bukannya gaberani bermimpi, man! Tapi gw ngerasa ga ada gunanya bermimpi. Kita hidup di dunia nyata dan kebanyakan mengkhayal cuma bikin kita kebanyakan ngarep. And u know, expectation is the root of all heartache. Jadi jangan kebanyakan mimpi deh. Get a life sono!

Zzzzzzztttt.. mulai ngaco nih obrolan. Awalnya ngomongin kerja sambilan kok sampe ke mimpi segala gini. Sorry temans, gw ga maksud ngeledek atau gimana-gimananya lho. Ini pure pendapat gw sendiri tanpa maksud menghina atau menjelek-jelekkan pihak manapun. Kita punya cara masing-masing dan kita punya pemikiran masing-masing.
So, peace, love and gaul ya. ;)



Friday, August 20, 2010

halo!

Gw sungguh nggak konsisten. Di postingan lalu berkoar-koar dan bersumpah –janji sehidup-semati untuk tetap menjadi seorang blogger, tapi pada hakikatnya sudah dua bulan lebih berlalu dan baru kali ini gw sempat posting lagi. #tampardirisendiri
Maka di postingan kali ini, gw akan menceritakan alasan gw kenapa gw ngga sempat posting.

Gw. Baru. Pulang. KKN. Ahem!

Dua bulan di negeri orang nun jauh di Airmolek sana menyebabkan hubungan gw dengan dunia maya tidak begitu lancar. Gw jarang browsing, jarang fesbukan, jarang nge-tweet juga, dan hampir nggak pernah bersentuhan lagi sama blog. Palingan kalo ke warnet gw download-download lagu kalo udah bosen sama lagu-lagu yang ada di playlist.
Sesungguhnya lokasi KKN gw itu tidaklah terpencil dan terisolir. Udah termasuk kota kecil malah kalo gw bilang. Jalanannya udah bagus. Rame. Banyak mobil. Banyak ruko. Ada swalayan. Ada warnet. Yah standar kota kecil lah. Sukur banget dapat lokasi bagus begitu. Dikasi posko yang lumayan bagus juga.





Ini posko kita tampak depan. Yap! Posko kita emang posyandu desa. Ini suatu sore ketika ibu-ibu lagi latian rebana buat acara PKK. Itu yang duduk di pintu pake jilbab putih gw lho. #halah





Nah kalo yang ini posko kita (Posyandu) tampak dalam. Yah niat sebenarnya sih emang buat nampang makanya muka kita-kita lebih menonjol daripada aspek yang ingin ditunjukkan yaitu bagian dalam dari si posko ini sendiri, tapi ya nggak apa lah kan keliatan juga ehehe..





Kali ini wajah kami nampang lagi dengan alasan menampilkan kondisi desa dan bagian dalam perkampungannya. Ini kami berpose di salah satu jalanannya. Kalo di pemukiman penduduknya emang sebagian besar jalannya masih berupa tanah yang ditinggiin dengan pasir dan kerikil kek gini, tapi kalo jalan besarnya sudah bagus dan aspal kok.





and last, ini kita berpose di depan makanan khas dari tempat KKN kita. Itu yang bulat-bulat di dalam nampan bulat, namanya RENGGINANG. Cemilan gurih yang sumpah enak banget!! Bahan pokoknya ubi. Cara membuatnya si ubi dikupas, lalu dibersihkan, lalu direndam, lalu diparut, diberi bumbu-bumbuan khusus, dicetak bulat pipih, di (ntah apa namanya kalo dimasukkan ke dalam panci lalu diuapkan itu), lalu dijemur, begitu kering digoreng! Dan TADA! Jadilah rengginang ubi yang serius enak!! Favorit kita banget!! Sebelum berangkat pulang kemaren rengginangnya abis diborong sama kita rombongan anak-anak KKN.


Yah inilah kiranya yang dapat saya sampaikan. Kayaknya belom ada yang gw certain sih ya tentang pengalaman-pengalaman gw selama di sana, tapi ya ini dulu ah. Capek ngetiknya.
Yudadababai~


Saturday, May 15, 2010

Saya Masih Seorang Blogger

"Saya masih seorang blogger."

Kalimat ini saya kutip dari blog nya Adhe yang setali tiga uang dengan saya, udah lama banget ga posting. Bukan karena saya males. Emang lagi hiatus kemaren itu. 2 bulan 23 hari cukup. Sekarang saatnya kembali nge-blog. Ya ngga yakin juga sih bakal rajin posting. Tapi diusahain tiap bulan posting. Kalo tiap minggu kayaknya ngga sanggup. Akhir semester banyak tugas. Dan astaga!! Barusan janji langsung mau dibatalin lagi. Bulan depan saya Kuliah Kerja Nyata. Dan yang namanya Kuliah Kerja Nyata itu ke pelosok. Jangankan internet, ada air bersih dan listrik aja udah cukup. Jadi, mohon maaf janji posting sebulan sekali tadi terpaksa saya tarik lagi karena selama masa Kuliah Kerja Nyata yang dua bulan itu sudah jelas saya ngga akan bisa bersentuhan dengan internet. Kalo buat twitter dan facebook masih bisa lah via handphone, tapi kalo blog?? Saya ngga sanggup harus mobile blogging. Jempol ini terlalu rapuh. #halah #alesan

Dan walaupun semester ini amat sangat menggenaskan, kami dibantai dengan tugas dan presentasi dan tugas lagi, tapi ada suatu hal sangat menghibur pula. Semester ini adalah semester akhir kami belajar di kampus!! Materi teori udah habis. Tinggal KKN. Lalu PPL (kan ceritanya mau jadi guru). Lalu skripsi. Yes! Yes! Yes! Berakhir sudag masa masa merana sekolah. No more homework. No more assignment!! Haleluya!!

p.s: terima kasih yang sebesar-besar nya saya haturkan kepada mister Andie Buytank atas header hijau nya yang sangat menyegarkan ini. Blog ini memang butuh wajah baru. Dan di saat saat gersang seperti ini beliau datang menghadiahkan header yang sangat rupawan sebagai hadiah ulang tahun yang kedua. Happy II Anniversary "World of Mira's Own" !!!



..... ini header yang sebelumnya, created by @nisankubur, manis ya #lotsofsmooch .....


Monday, February 22, 2010

Pola Tidur (part 2)



Dulu saya udah pernah mengeluh tentang perubahan pola tidur saya di postingan ntah kapan. Sempat berubah sebentar, tapi sekarang pola yang sama kembali terulang. Yang jadi masalah itu biasanya tidur sore. Belakangan ini saya sering ngantuk di sore hari. Jam jam 4 atau 5 sore, rasa kantuk yang luar biasa menyerang. Diniatin atau ngga, pasti ketiduran juga akhirnya. Nah, kalo tidurnya jam segitu, biasanya bangun jam 7 atau jam 8 malam. Jelas aja malamnya ini mata melek ngga mau tidur. Jam 1 atau 2 dini hari baru bisa tidur lagi, padahal besok paginya kuliah. Bangun kesiangan, di kelas ngantuk, bawaannya males, pulang kuliah sore lanjut tidur lagi, ya begitu aja muter muter terus. Kapan berubahnya?? #halah

Ini ada beberapa mitos tentang tidur yang saya re-post lagi dari postingan waktu itu. Ngga kreatif ya? Hihi . . .

Mitos - mitos tidur oleh Mark Stibich, Ph.D- ahli yang menangani perubahan tingkah laku-menjelaskan fakta-fakta tidur yang baik dan sehat

1. Tidur bukan sekedar istirahat..
Menurut Mark, melalui tidur tubuh juga kita melakukan maintenance rutin, menciptakan ingatan jangka panjang, dan memperbaiki kerusakan-kerusakan. Keesokan harinya tubuh maupun pikiranmu bugar jika tidur 7-9 jam tiap malam. Paling normal sih biasanya tidur 8 jam. Itu phase panjangnya. Tapi saya diberitau temen, katanya tidur ada phase pendeknya juga lho. Bisa cuma 4 jam, 2 jam, atau bahkan cuma 5 menit. Tubuh dilatih untuk mengurangi jatah istirahatnya, tapi selama waktu tidur yang pendek itu tubuh benar-benar off dan otak diprogram untuk tidak bangun sebelum waktunya. Phase ini lah yang diyakini dipakai para ninja supaya tetap bisa siap sedia.

2. It’s ok kurang tidur sejam.
Salah. Faktanya, jika kurang tidur secara kumulatif, maka kendali tubuh menjadi error: mengacaukan hormon-hormon yang memonitor nafsu makan, mood yng berubah-ubah, dan juga menaikkan risiko penyakit kronis. Bagi orang-orang tua, hati hati kalau tidurnya ngga proporsional. Check ke dokter sana. Tubuh udah tua, rentan penyakit, kurang tidur memperbesar resiko terkena penyakit lhoo..

3. Ekstra waktu tidur memulihkan keletihan.
Sebenarnya kita tidak harus menambah waktu tidur malam untuk memulihkan keletihan tadi siang. Jika kamu memang sudah terbiasa tidur 7-9 jam semalam dan tiba-tiba kehilangan beberapa jam dari jatah tidur itu, maka sebaiknya mencari sumber tenaga lain agar tidak letih. Coba dengan berolahraga atau berjemur matahari. Tidur siang cuma buang buang waktu, gabisa menggantikan waktu tidur yang kurang sebelumnya. Kebanyakan tidur siang malah bikin malamnya gabisa tidur. T,T

p.s : tapi beda sikonnya sama anak-anak. Anak-anak justru dianjurkan untuk tidur siang untuk meningkatkan ingatan atau memori pada otak. Nah, menurut penelitian terbaru anak-anak yang tidur siang secara teratur selama 45 menit memori dan kemampuan belajarnya akan meningkat. Jadi, setelah tidur siang otak akan kembali segar dan bisa membuat anak-anak lebih cepat menerima pelajaran yang telah diberikan di sekolah. Selain itu, tidur siang juga membuat anak-anak lebih sehat. Karena, dengan tidur siang anak - anak cukup beristirahat sehingga badan lebih sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Jadi, tidur siang tidak hanya berguna agar tubuh anak lebih sehat tetapi juga untuk perkembangan kemampuan memori otak agar lebih cepat menyerap pelajaran dan tidak mudah lupa. (sekarang saya tau kenapa ingatan saya jangka super pendek. Waktu kecil bandel suka bangkang kalo disuruh tidur siang)

yah sebetulnya ada 8 point sih mitos tidurnya, tapi dipersingkat diperpadat diperjelas aja jadi segitu hihi.. cao!!

Sunday, February 7, 2010

Please Support Us !!

Hell-O people!! After hiatus for two weeks, here I'm back again. Do you miss me?? I DO miss you lho hehe..

So, I wanna tell you something guys.

My friends, The Boby Satria's, has submitted a very good video for our submission to a contest which is called ‘Democracy Video Challenge’. This contest is provided by US Government. This year is the second year DVC engaged. The Democracy Video Challenge is an opportunity for the youth to define our vision of what democracy is.

On the first year, DVC has succesfully engaged hundreds of new voices in the democratic process of reform and now brings even more voices to the discussion of ‘Democracy Is…’ including our video.

Boby Satria, as the representative of this team on the contest have submitted our video. Our short term goal is to become the representative of Indonesia as the finalist that choosen by the U.S. Department of State. The U.S Department of State will choose three finalists from each of the six world geographic regions (Western Hemisphere, East Asia Pacific, Europe, Africa, Near East, South & Central Asia). And our long term goal is to become the winner of this contest and also to let people all around the world KNOWS that here, on Indonesia during the last 11 years, Indonesia has steadily progressed towards democratization alongside political decentralization, despite Indonesia is among the last countries in Southeast Asia that embarked into democracy.

This all will not be easy guys. To be honest, this special post is created to make sure that all of you kindly support us. There are so many ways to do that. You can start to view our video on YouTube, and if you have a Youtube account, please leave a comment and rate. We really appreciate it. And then you can start to promote this video. Tell your friends, tell you parents, tell your teachers, especially tell everyone and invite them to watch our video. And don’t forget to tell them to leave a comment and rate. May Allah SWT bless you with success and happiness for doing this for us.

Our video basically talks about our perspective of what democracy is. We represent Democracy as an ICE CREAM. ICE CREAM has multiple meanings. First meaning is an acronym for Independently Choosing Everything and CREAting Mature-decision about it. Then Democracy on our perspective is like the ICE CREAM that you choose and buy, any taste that you get, you still like it. Democracy is ICE CREAM for hope to wait, freedom to choose, and happiness at the end.

So, once again I remind you, please support us for Indonesia!!
For a more detail about our video you can check the link below:
http://www.youtube.com/watch?v=IcPmrJ4zSis
Youtube User Name: TheBobySatria
Video Name: Democracy is...ICE CREAM

Best Regards,
Boby Satria, Erma Wati, Gilang Abdal Basith, Mia Qoryati, Miranty Elidiana, Rudi Haris, Teguh Budianto
Democracy is...ICE CREAM

Sunday, January 24, 2010

~Liburan Kali Ini~



Akhir sudah selesai sejak minggu lalu dan menutup semester lima ini dengan tidak menyenangkan. Ujianku sama sekali gabisa dibilang lancar dan hal itu terbukti dengan nilai-nilai yang keluar, aku dapat nilai C tiga biji. TIGA. Itu banyak. Nilai-nilai yang lain juga banyakan B daripada A, belom keluar semua sih, tapi dari nilai yang ada sekarang dapat dikalkulasikan IP ku semester ini less than 3. #nangis. Mau bilang apa sama Mama?? T,T

Dan sekarang aku lagi libur tentu saja, ga napsu mo ngapa-ngapain, niat berhedon-ria menguap sudah gara-gara tiga nilai C itu. Sudahlah, cukup sudah aku berhura-hura selama seminggu sebelum nilai keluar, nonton – karaoke – wisata kuliner, sekarang saatnya untuk menyesali hidup. Libur ini masih ada dua minggu lagi dan akan kugunakan untuk meratapi nasib. Yap. Meratap dan menangisi ketiga nilai C itu.

Oiya, liburan kali ini mau belajar masak. Perasan tiap liburan niatnya itu deh tapi ga kesampean. Tapi gapapa, yang penting niat dulu. Karena udah dicoba bikin masakan dan gagal, mungkin sebaiknya kali ini coba bikin kue. Minimal bikin bolu gitu, muahaha. Niatnya kagak nanggung-nanggung.

Trus, aku juga mau ngubah penampilan dong. Udah lama sih pengennya, udah ngumbar-ngumbar ke Mama juga, janjinya tahun baru tapi sampe sekarang belom jadi-jadi. Aku. Mau. Pake. Jilbab. #AHEM. Kemaren niatnya pas taon baruan sih, tapi berhubung belom PD, malu, ya diundur-undur. Tapi kalo diundur-undur lagi malah ga jadi-jadi ntar jadi bantai malu deh sekarang. Hari pertama kuliah semester baru aku bakal pake jilbab! Yap! Sudah kuputuskan itu. wish me luck , guys.. >,<

Tantangan terberat adalah opini dari orang-orang. Takut diketawain , soalnya aku orang yang menurut teman-temanku paling ga mungkin pake jilbab. Di kelasku mayoritas udah jilbaban, tinggal 5 orang yang ngga pake jilbab. Dua di antaranya non-Muslim dan di antara yang tiga lagi ya aku yang paling ga mungkin pake jilbab, kalo pun iya bakal ntar ntar gitu. Yang paling terakhir mungkin. Kenapa teman-temanku berpendapat demikian? Karena aku hobi banget gonta-ganti model rambut, sejak rambutku panjang sepunggung sampe sekarang rambutku tinggal seuprit gini, banyak banget model rambut yang udah aku coba. Sampe semua fase rambut The Changcuters pernah kujabani, kecuali rambut vokalisnya yang jambulan itu. Then, sekarang, semua opini mereka akan terbantahkan dengan penampilan baruku. Nyihihi~ Masih lama sih. Dan masih ragu sih. Tapi sebaiknya ku akui sekarang, jadi ntar kalo mau berubah pikiran lagi malu karena udah keburu ngomong hehe. So, yah doain aku ya semoga teguh hati dan teguh pendirian. Terus semoga rajin sholat juga. Malu sholatnya masih bolong banyak. Amin.

p.s : mau hiatus untuk sementara, maaf belom bisa BW. <3

Sunday, January 17, 2010

Pacaran Dunia Maya


Sebelum lanjut baca tulisan ini, sebaikny kita ucapkan dulu selamat kepada pasangan baru kita @andiegokil dan @lovelyata yang baru jadian beberapa hari yang lalu. Semoga hubungan mereka shakinah mawaddah dan warrohmah. Amin.
Inspirasi tulisan saya kali ini tentu saja mereka berdua lho. #ahem

Bicara tentang dunia maya, ada yang menganggap dunia maya itu ya cuma maya, ga pernah bisa jadi nyata, tapi ada juga yang beranggapan dunia maya itu lebih asik dan bisa bikin dekat sama orang yang jauh. Tapi ngejauhin yang dekat juga sih hehe. Yah selalu ada pro dan kontra untuk tiap pikiran tentu nya.

Nah, perkembangan di dunia maya makin luas aja tentunya apalagi dengan berkembangny sekian banyak situs sosial. Apalagi akses ke dunia maya pun sekarang semakin mudah saja, gaperlu harus online dari PC, udah bisa mobile. Sejak trend Blackberry apalagi, hadeh gencar deh..

Nah dengan semakin banyak ny akses ke dunia maya ini, tentuny kita semakin banyak mengenal orang lain yang nun jauh disana, mengenal orang dengan ragam ny masing-masing. Beda karakter, beda suku agama dan budaya, banyak deh. Dan kadang hubungan kita dengan teman di dunia maya lebih intens daripada hubungan dengan teman di dunia nyata. Saking dekatny, trus ngerasa sama-sama asik, nyaman, ga sedikit yang jadian.

Tiap hal pasti ada sisi positif maupun negatif ny. Dalam hal ini, negatifny : pacaran dunia maya ini banyak resikonya karena kita belom pernah ketemu dengan si dia dan tentu saja kita gatau segala sesuatu tentang dia itu beneran apa boongan. Trus ga asikny lagi, pacaran dunia maya ya pacaranny gitu-gitu doang. Ngobrol lewat tulisan, ngobrol langsung kalo udah tukeran nomer handphone, ya sekedar ngobrol . Gabisa jalan bareng, nonton bareng, mesra-mesraan (atau mesum-mesuman? #halah #apasih), pegang-pegangan :P , dll. Kalo enakny, ya ga terlalu boros. Paling berat di pulsa. Kalo internet sih, ga pacaran juga tetap aja bayar tagihan internet. Trus bagusny juga mengurangi tingkat bermesum-mesuman karena ga ada interaksi fisik langsung huhahaha..

Salah satu contoh dari sisi negatif pacaran dunia maya ini, cerita tante saya ini, ada temanny, cowok, lumayan mapan dan berumur, tapi tak kunjung menemukan pasangan hidup, bertemu di dunia maya dengan seorang perempuan, janda kalo ga salah sih, dan mereka ngerasa cocok, dan akhirnya memutuskan untuk menjalin hubungan. Pacaran lah gitu. Nah, udah sekian lama pacaran, mereka mau pengen lanjut ke hubungan serius alias menikah. Karena mereka belom pernah ketemu ya ketemuan dulu lah ya, masa kawin di dunia maya, mana bisa. Si cowok ini tinggal di Pekanbaru, yang cewek lupa deh tinggal dimana. Pokokny yang cowok yang nyamperin ke kota si cewek, si cewek jemput di bandara. Lah, pas ketemu, yang cowok langsung ilfeel. Maaf maaf kata, penampakan si cewek di foto ama yang asli beda jauh. Ga muna penampilan fisik ngaruh banget sama rasa. Seperti kata @nisankubur : "Love is about trust , respect and physical attraction". Kalo trust and respect doang mah, kagak bakal ada istilah love at the first sight. Tapi @andiegokil dan @lovelyata ga perlu cemas. Selain kisah sad ending di atas, (yap mereka ga jadi kawin. Kasian sih cewekny, tapi ya mo gimana lagi. Yang cowok langsung ilfeel gitu) ada juga kisah yang berakhir bahagia. Ini kisah nyata. Yang diatas tadi kisah nyata juga. Ini anakny relasi mama. Cowok. Namany siapa ya, Gunawan kalo gasalah. Dia ini pacaran via dunia maya juga. Kebetulan nama cewekny Maya. Ngga ding, lupa namany. Tapi biar gampang kita sebut Maya aja ya. Mereka pacaran, jadian di dunia maya tentu saja. Sejak SMA. Dua tahun pacaran, mereka ketemuan. Tapi si Maya yang datang ke tempat si Gunawan. Abis ketemuan mereka tetap pacaran. Ga lama eh kawin. Padahal umur mereka baru 19 dan 2o lho waktu itu. Gunawannya brondong, lebih mudah setahun dari Maya. Tapi mereka berniat kuat untuk lanjut ke jenjang pernikahan. Keluarga kedua belah pihak juga ga masalah. Ya udah. Merit. Sekarang udah punya dua anak. Semoga kisah @andiegokil dan @lovelyata berakhir bahagia seperti ini. #ahem. Amin!!

Tapi hubungan di dunia maya ga melulu tentang pacaran juga lho. Banyak yang menemukan teman sehati juga disini. Sekarang yang lagi populer twitter sih ya jadi contohnya teman-teman twitter aja. Yang kayak-kayaknya hampir jadian sih @tupperwarez & @simplypoetz ; @superyon & @yandiezt ; AMIN!! , ada yang dapet temen bacot asik juga kayak @newzar & @iranindya ; dapat perhatian dari si nenek gahol @dewi_srikandi , atau malah ketemu brother from another mother kayak @TyMo_ & @ferfau ; haha.. semoga kita asik terus ya temans. Sayang kalian. >,<

Thursday, January 14, 2010

Wanita dan Emansipasinya


Emansipasi. Apa sih arti emansipasi itu sebenarnya? Kalo kamu cewek pasti familiar banget dong sama kata yang satu ini. Emansipasi itu ada karena adanya ketidakadilan yang diberlakukan kepada para cewek, adanya ketidaksamaan hak yang dimilik perempuan dengan laki-laki dengan alasan gender. Maka emansipasi adalah suatu pemikiran yang bertujuan menyamakan hak-hak perempuan dengan hak laki-laki, membela dan melindungi hak-hak tersebut.

Kalo zaman Siti Nurbaya dulu, eh ngga ding. Salah cerita. Kalo zaman Ibu Kita Kartini dulu, fungsi perempuan itu : melayani suami, hamil, ngurusin anak, masak dan ngurusin rumah, dll. Ngga boleh sekolah, mau kawin aja pake dijodohin dulu. (eh bener juga contohnya Siti Nurbaya).
Nah, sekarang berkat Ibu Kita Kartini, cewek udah boleh belajar, sekolah, kerja, bebas deh mo ngapain aja. Tapi rasanya masih aja ngga adil. Kenapa? Kalo menurut saya sih ga lain karena para perempuan ini sendiri.

Kadang saya suka sebel sama kata emansipasi. Sama cewek-cewek juga. Mereka selalu menyorak-nyoraikan emansipasi dimana-mana. Menuntut hak mereka disamakan dengan laki-laki. Menuntut supaya mereka tidak lagi dibedakan dan didiskriminasi. Tapi sadar ngga sih kalo cewek-cewek ini mau enak nya aja. Menuntuk hak yang sama tapi kewajiban ngga.

Contoh: Kalo cewek sama cowok makan bareng, pasti ada etika dimana si cowok yang harus bayar. Cewek enak-enakan makan, yang kering dompetnya yang cowok. Contoh lain, kalo ada cewek bawa barang berat terus ada temen cowok nya liat ngga bantuin, pasti si cowok ini bakal dijelek-jelekkin. Ngga punya perasaan lah, ngga gentle lah. Banci lah. Lah katanya emansipasi? Belom lagi kalo dari segi hukum. Suami kalo punya duit, duit bersama. Istri kalo kerja, ga ada kewajiban duitnya harus dibagi ke suami. Istilahnya milikmu milikku, milikku ya milikku. Berasa ga sih kalo disini justru para pria yang di diskriminasi kan?

Tapi sepertinya cewek sama cowok ga bakal bisa sama deh. Kodratnya aja udah beda. Dalam Islam juga, laki-laki adalah imam. Dia lah sang pemimpin. Tapi Islam ga mendiskriminasi perempuan lho, justru Islam sangat menghargai perempuan. Dan laki-laki itu ada untuk melindungi perempuan. Dan soal hak, sama sekali ngga ada perbedaan. Kita ada di garis horizontal. Sejajar. Haduh, pusing. Kok jadi berat gini bahasannya?

Udahan ah! Intinya, wahai kalian para gadis. Kalo benar-benar mau disamain sama cowok, jangan cuma enaknya doang dong. Buktiin sama cowok-cowok itu kalo kalian emang bisa. Jangan manja. Jangan cengeng. Kalo perempuan masih aja menye-menye, manja, suka nangis, suka nuntut, gimana cowok-cowok itu mau percaya kalian mampu? Lah apa-apa masih ngarep dari cowok ini.

Friday, January 8, 2010

Road to Sumut

Yellow people. Ketemu lagi di 2010. Alhamdulillah kita masih diberi kesempatan untuk menghirup udara di tahun ini. Thank you Allah.
So, gimana acara tahun baruannya? Seru? Asik? Atau biasa aja? Maen petasan, bakar jagung, atau nonton bioskop Trans TV aja di rumah? #halah

Kalo gw tahun baruan kali ini di jalan. Malam tahun baru gw malah otw ke Sumatra Utara. Berangkat 31 Desember pukul 19.00 dari rumah, dan tepat jam 00.00, kita berenti di kota Duri buat minum teh telur. Ok, itu meaningless, tapi ya memang itu adanya. Kami minum-minum teh telur saat pergantian tahun.

So, seperti yang udah gw jabarin di atas, liburan taun baruan kita (gw, Mama, dan keluarga om-tante gw) jalan-jalan ke Sumut. Berangkat malam taun baru, kita sampai tepat waktu sholat jumat di kota Medan. Medan, ga seperti yang gw bayangin sebelumnya, yang katanya adalah kota metropolis terbesar kedua setelah Jakarta, ternyata cukup jorok untuk sebuah kota metropolis. Memang belum seluruh kota Medan yang kita liat, yang kita jelajahi, cuma bagian Mesjid Agung dan Istana Maimun nya aja, tapi dari sini gw bisa mengambil kesimpulan bahwa Medan itu kota yang kurang bersih. Sungguh sangat jauh dari bayangan. Kalo bagian kota dan tempat wisata nya aja udah kurang bersih gitu, gimana pinggirannya? Iya kan? Mohon maaf kalo ada pihak yang tersinggung atas kesimpulan di atas, silahkan klarifikasi kalo salah-salah kata. Ini cuma pendapat amatiran yang baru pertama kali berkunjung ke tanah batak. Horas bah!!

Lanjut, ga lama kita di Medan, selesai sholat Ashar dan liat-liat ke Istana Maimun dan Meriam Buntung, kita lanjut ke Brastagi. Perjalanan ke Brastagi lumayan ekstrim dan ngebetein. Selain jalan nya yang nyeremin karena turun naik tanjakan, maklum Brastagi lokasinya ada di puncak gunung, jalan juga macet total karena lagi musim liburan. Selain holiday Natal dan tahun baru, weekend pula. Kebayang deh macetnya, ampun-ampunan!! Tapi semuanya terbayar. Kaban Jahe dan Brastagi benar-benar lokasi wisata. Mulai dari pemandian-pemandian alamnya, juga ada Taman Wisata Sibolangit (eh, taman wisata ga sih yang buat terkenal tempat jambore Sibolangit itu?), Green Hill nya yang keren, kayak Dufan mini. Di dukung dengan pemandangan yang oke, udara nya juga jangan ditanya lagi, puncak gunung gitu, gimana gw ga cinta ama daerah ini coba?? Aaa... Ga pengen rasanya ninggalin Brastagi!! Tapi kalo malam dinginnya ampun-ampunan juga. Malam itu kita nginap di salah satu hotel di sana, kamarnya itu padahal udah pake karpet, tapi masih aja karpetnya berembun. Dingin parah!! Yang lain ga ada yang berani mandi, bayangin aja dua malam ga mandi dan mereka tetap ngotot ga berani mandi karena airnya sedingin air kulkas. Gw sih mandi, walau kedinginan pas mandinya, tapi abis mandi malah nyaman banget, ga berasa dingin banget lagi.

Next, setelah bermalam di Brastagi, kita ngelanjutin perjalanan ke air terjun Sipiso-piso. Gatau ini nama daerahnya apa nama air terjunnya, yang jelas kita kesana buat ngeliat air terjun.

Awalnya gw kirain air terjun Sipiso-piso ini kayak air terjun yang di Ngarai Sianok Sumatra Barat itu, lokasinya di tepi jalan lintas, gampang dituju. Ternyata oh ternyata, ini adalah si air terjun dilihat dari lokasi awal kami. Terlihat dari kejauhan karena memang masih jauh. Untuk mencapai si air terjun ini, kami harus menuruni bukit. Ya, menuruni bukit sodara-sodara.
Tersedia 1000 anak tangga yang harus dituruni kalo ingin merasakan percikan dingin si air terjun. 1000 anak tangga. Itu banyak. Tapi kami, anak muda yang tentu saja masih berdarah muda darahnya para remaja ini, nekad turun. Yeah! Kami menuruni bukit itu. ngos-ngosan, tapi bahagia begitu berhasil mencapai tujuan.



Ini foto kami dengan latar belakang air terjun yang uma keliatan percikannya doang.

Nah, cerita di Sipiso-piso ini belum selesai. Bagian terparah dari perjalanan ini adalah, kami harus menaiki 1000 anak tangga lagi (yang gw yakini sebetulnya lebih dari 1000 anak tangga) untuk kembali ke pangkuan orang tua kami. Para orang tua yang cerdik itu tau akan kemampuan diri mereka dan ga maksa turun. Ga kayak kami yang ga tau diri ini, sok-sok mau turun demi menjaga harga diri, tapi pas mo naik lagi, nangis. Paling parah sepupu gw Nita yang pake baju merah dan rok itu. Tipikal cewek mall kayak dia yang tiap harinya turun naik eskalator atau lift, dan sekarang dihadapkan akan pilihan “naiki 1000 anak tangga ini” atau “tinggallah di air terjun ini” sungguh membuatnya sangat sengsara dan depresi. Dan sesungguhnya, gw sendiri pun masih surprise kami semua masih bisa nyampe di atas dengan selamat dan betis membengkak. Air terjun Sipiso-piso berhasil kami taklukkan. Yeah~~

Setelah kami semua berhasil sampai ke atas diiringi gelak tawa para tetua, beneran deh orang tua kami kebangetan, ga nyadar penderitaan anak-anaknya buat manjatin itu 1000 tangga, kami dijamu dengan makan siang yang #ahem biasa aja, karena gabiasa mungkin ya sama makanan sana #alesan.
Selesai makan kami langsung berangkat ke TOBA!!! Padahal dari ari Sipiso-piso itu danau nya udah keliatan loh, ini sisi Danau Toba kami jepret dari kejauhan salah satu dari 1000 anak tangga sialan itu, keliatan deket banget kan? Padahal kalo mau bener-bener nyampe di Parapat Toba sana kami masih harus naik mobil kira-kira 2 sampe 3 jam-an lagi. Jalan nya jangan ditanya tanjakan dan belokannya curam parah. Ada papan peringatan yang tulisannya “JANGAN TEROBOS SAYA, SAYA JURANG YANG DALAM” di salah satu kelokannya. So funny, seolah ada aja yang mau nerobos kesana. Sayang gw lagi mabok, jadi ga sempat moto. Gw muntah sampe 4 kali di sini. Tapi begitu nyampe Toba, mabok gw ilang. Tanya kenapa?





ok, gw norak!

Eniwei, kok kayaknya postingan gw udah panjang banget ya? Apa ga bosen yang baca? Masih ada banyak cerita lagi sih. Bagian nyebrang ke Tomok, Samosir yang ngorbanin total waktu waktu 15 jam buat ngantri kapal ferinya. Parah sumpah antrian ferinya. Kami tidur di mobil, di tepi jalan yang tak dikenal, dan sungguh gw heran, tapi orang-orang daerah Sumut kayaknya sayang banget sama leluhurnya. Pinggiran jalan kuburan semua. Bentar-bentar jalan ada kuburan. Kuburannya bagus-bagus lagi. Tapi ya tetap aja kuburan. Dan kami, ngantri feri di pinggir jalan berkuburan itu dari jam 11 malam sampe jam 7 pagi, sungguh tak terlupakan. Gw pengen foto sih salah satu kuburan disana yang cukup bagus dibuat ala model rumah adat Batak Toba, sayang ga dibolehin sama yang berpengalaman. Cari selamat aja dah.

So, kesan dan kesan gw tentang perjalanan kali ini :

1. Jorok. Ga Cuma Medan, daerah-daerah yang kami lewati sebagian besar memang kurang bersih. Di Parapat juga. Padahal Danau Toba nya adalah salah satu objek wisata yang terkenal di seluruh dunia, ada beberapa turis asing gw liat disana, tapi lingkungan sekitarnya apalagi pelabuhan ferinya jorok banget. Sampah dimana-mana. Semoga pemerintah daerah bisa lebih memperhatikan kebersihan daerahnya.. samaph gitu kan mengurangi keindahan panorama dan sekitarnya. Gimana kalo para bule yang datang itu ilfeel gara-gara sampah berserakan, trus di negerinya sono dia ngomel-ngomel soal Indonesia dan Toba yang jorok? Aduh, jangan sampai deh.


2. Toba jangan ditanya, diliat dari jauh keren banget. View nya so WOW.. Danaunya gede juga, gw gatau tepian mana yang mananya, banyak teluk menjoroknya, airnya biruuuu, banyak ikannya. Remaja-remaja disana kerjaannya menjala ikan.



See? Daerah berair keruh itu daerah jalaan mereka, daerah yang biru itu ya air danau yang belum terjamah. Biru. >,<

3. Susah nyari makanan disini, karena daerah yang kami datangi sebagian besar area non-Muslim. Makanan khas nya BPK, sepanjang jalan banyak ngeliat babi digantung, kepala babi, babi panggang UTUH. Lucu.. >,<

4. Kuburan dimana-mana. Seperti yang gw bilang tadi, mereka sepertinya sangat menghargai leluhur-leluhur mereka. Kuburannya juga cakep-cakep, sebagian mewah, bahkan lebih mewah dari rumah yang ada di sebelahnya.

5. Orang nya ramah-ramah. Tiap kali nanyain arah mereka selalu jawab dengan sopan dan senyuman. Orang Indonesia emang gemah ripah loh jinawi ya. (LOH?)

6. Tanahnya subur banget banget!! Dan orang-orangnya juga pintar memanfaatkan lahan yang ada. Selama penglihatan gw, setiap tanah yang ada itu mereka tanami. Bahkan pinggiran jalan. Penuh dengan sayuran, bunga dan buah. Oh, jadi ingat! Waktu si Brastagi sempat mampir beli jeruk yang bisa dipetik sendiri. Kebun jeruknya bikin gemas mampus!! Pengen gw petikin semua rasanya. Buahnya kuning menggoda. Pengen tinggal disana bersama jeruk-jeruk itu rasanya. Sumpah!! Duh apalagi ya? Perasan tadi kesan gw banyak deh. Tapi lupa. Foto-fotonya juga masih banyak, tapi takut kalian muntah liat foto-foto busuk gaya jadi ya udah deh. Buat sekarang cukup segini dulu. Ntar kalo ingat gw tambahain. Ini aja udah panjang banget rasanya. Semoga kalian baca. >,<>



Newer Posts Older Posts Home