Tuesday, October 26, 2010

#1 Untitled

Happiness will never come to those who fail to appreciate what they already have. So, berbahagialah! (via: @198z)

Sunday, October 17, 2010

"Bu, boleh cubit pipinya?"

This is the busiest week in my life!!! HOAAHH!! Serius. Setelah sekian lama dimanja jadi mahasiswa, bangun siang dan sebagainya, sekarang kaget karena balik lagi ke kehidupan anak SMA. Dan yang bikin makin buruk, kali ini bukan sebagai siswa melainkan sebagain guru. Jeng jeng jeng!! GURU???
Bangun super pagi, berangkat dari rumah jam 6-an padahal sebelumnya gw bangun aja jam 8, perjalanan yang jauh bahkan lebih jauh daripada sekolah gw dulu, bikin semaput parah deh!!

Jadi ceritanya gw kan lagi PPL. Karena gw kuliahnya jurusan pendidikan ya teacher wannabe gitu laaahh.. Sekarang ini gw udah semester 7 dan memang sudah waktunya buat prakter mengajar ke sekolah. Mau gamau siap ga siap ya harus ngajar walau modal nekad doang, kalo ga ya ga lulus kan..

Setelah hompimpahalaihumgambreng maka gw pun ditempatin di SMA Negeri 2 Pekanbaru bersama teman-teman yang lain dari berbagai jurusan bahkan dari berbagai universitas. Lumayan excited karena ketemu sama teman-teman baru, lumanyun nerfes karena grogi sama guru-guru dan siswa-siswa yang bakal ditemui di kelas.

Seminggu ini gw belom masuk kelas sih, masih observasi lingkungan dulu. Hari pertama ya penyerahan oleh Dosen Pembimbing ke pihak sekolah. Kenalan sama guru-guru. Penentuan guru pamong. Ikut-ikutan acara sekolah. Ya masih begitu-begitulah. Jadi seharusnya gw belom masuk kelas sama sekali. Tapi malang tak dapat ditolak untuk tak dapat diraih kemaren gw disuruh DADAKAN sama guru pamong gw buat gantiin dia masuk di kelas XI IPA 3, padahal menurut perjanjian sebelumnya gw baru masuk kelas hari Senin besok di kelas X.7. Jelas gw keringat dingin parah dong.

Berbekal buku pegangan dan sedikit instruksi dari si Guru Pamong, maka gw melangkah sok tegar ke ruangan kelas yang dimaksud. Awal perkenalan dengan siswa-siswa, sedikit penjelasan materi, sampai ke pemberian tugas yang dititahkan si guru pamong berjalan lancar. Gw mulai PD berdiri di depan kelas walau kaki agak gemetaran. Sampai kemudian salah seorang memanggil dan bertanya:

Siswa : " Bu, boleh tanya?"

Guru : "Iya?"

Siswa : "Boleh cubit pipinya?"

Guru : *terdiam* *hancur berantakan*

Ada yang mau kasi masukan jawaban apa yang harusnya diberikan oleh si Guru??

Wednesday, October 13, 2010

Pada suatu malam...



















Pada suatu malam ketika saya dan Andie sedang ber-SMS-an… #halah

Saya : “Eh, Om Ata beneran mo nikah itu?

Andie : “Iya kayaknya. Sesama blogger hahaha..”

Saya : “Seriusan? Yakin Bang Mario itu ga becanda?

Andie : “Kayaknya engga deh. Om Ata sama Mba Dwina kan emang pacaran. Kayaknya sih..”

Saya : “AFA?!! Mereka bukan sekedar digosipin gara-gara foto di Medan itu ya? Haha.. Datang kamu? Aku cek attending sih tadi. Gaya gitu.. :P

Andie : “Ngga kayaknya sih ya.. Mba Dwina itu pernah ke sini juga kan. Heehee aku cek attending juga. Semoga aja inget haha..”

Saya : “Ajak-ajak oi kalo dating. Bawa apa?

Andie : “Bawa amplop kali ya?”

Saya: “Ga kado? -__-“

Andie: “Boleh. Kado apa tuh? Dispenser? Halah.”

Saya: “Gatau. Orang kawinan biasanya dikasi kado apa? Lingerie? PLAK!

Andie: “Kasi Ir*x yok!! NEKAT? Wakakak.. “

Saya: “Itu namanya menghina oi! Tersinggung Om Ata nanti haha

Andie: “Kok nyinggung? Wakakak.. Dulu kakak aku nikah dikasi temennya Ir*x. haha.. Kapan cari kado?”

Saya: “Ntar Om Ata bilang ; ‘Lo kate gw ga mampu hah?!’ hahaha. Seriusan kasi Ir*x? Kamu yang cari!!

Andie: “Kok aku? CIH! Tampangku anak kecil begini ntar dikasi Sakatonik ABC woi!”

Saya: “Apalagi akyuuu. Ntar malah dikasi Bodrexin!!Kamu yg cari! Kan itu idemu!

Andie: “Idemu emang apaan? Ga ngasih! Nanti kita kasi gausah pake nama haha”

Saya: “Paling adil belinya berdua! Emang dimana belinya? Jelas jangan pake nama woi ntar kita dikejar Om Ata!!

Andie: “Ok. Kapan nikahnya? Asik ntar diam-diam aku kasi link blogmu haha”

Saya: “SYAITON! Awas kalo berani!!! Nikahnya hari minggu besok ga? Cek lagi coba!

Andie: “Ah males ah ah ah. Minggu depan kali ya. Jadi kapan nyarinya?”

Saya: “Alah tinggal liat di fesbuk aja pun pemalas!! Yakin nih kita cari berdua? Ntar kita dikirain penganten baru.. -______-“

Andie: “Gal ah muka ku polos gini. Pokoknya nyari yg jauh dari kawasan kita!!”

Saya: “Apaan tampang om-om mesum begitu. Aku yg kayak simpenan jadinya huex.. Eh nyari Ir*x itu dimana sih? Apotik? AHA!! AKu tau! Di Guardian SKA! Pernah liat disana barang-barang semacam itu!!

Andie: “Guardian? Rame! PLAK!!”

Saya: “Lah terus dimana dong? Apotik biasa ada emang? Harga Ir*x berapaan ya? Mahal ga sih? Miskin nih..

Andie: “ Apotik biasa aja. Tapi yg jauh dari rumah kita biar ga ketauan hahaha..”

Saya: “Sip! Kapan kamu ga les? Ntar aku samperin ke rumah baru kita cari bareng. Aku pake cadar ah huahuahau.. eh, tanyain kakakmu harganya berapa!

Andie: “ Tanya kakakku?Ga mau! Coba Tanya Om Mol! Dia tau tuh. Haha.. aku ntar pake kacamata dan baju lengan panjang.”


Sampai kemudian kami sadari pernikahan itu dilaksanakan di Medan. -__-"
Dan segala niat buruk itupun tak jadi dilaksanakan. Selamat menempuh hidup baru yayaya buat Om Ata dan Mba Dwina. Semoga pernikahannya Barokah. Kami turut mendoakan yang terbaik dari kejauhan.. #lambaisaputangan


Tuesday, October 12, 2010

Such a Boring Life

Kemaren siang di koridor kampus :

Yudi : "U know Rasputin?"

Teman : "No."

Yudi : "Ah, you are lame. You have such a boring life. You suck!"

Teman : (bengong)

Apakah dengan memiliki pengetahuan ttg Rasputin hidup mendadak jadi indah?

P.s : Untung waktu dia nanya ke gw gw tau. Soalnya gw pernah posting dan ngebahas soal Rasputin itu di sini.

Sunday, October 3, 2010

Insomnia


Minggu, 3 Oktober 2010.
4.12.
Terbangun dini hari tadi pukul 2.00 a.m begitu saja. Mungkin karena ketiduran terlalu cepat jadi bangunnya juga (ke)cepat(an). Maklum, jomblo sepanjang masa jadi kalo malam minggu emang agak nista. Justru malam minggu tidurnya cepat. Haha.

Sejak terbangun tadi gw gabisa tidur lagi. Biasanya kalo kebangun jam segini emang gabisa tidur lagi sih. Gatau kenapa. Jadi gw putusin untuk sholat dulu Isha dulu, soalnya gw ketiduran dalam keadaan belom sholat, Alhamdulillah juga kebangun.

Setelah sholat dan bikin secangkir cappuccino, gw stand by di depan laptop. Buat online tentu saja. Begitu laptop nyala dan terkoneksi dengan internet, hal pertama yg gw lakuin adalah buka twitter. Maklum twitter ini bikin nyandu. Bosen dikit buka twitter. Apa-apa update status twitter. Lumayan twitter-addict lah kayaknya.

Ada tiga orang yang (dominan) nyampah di Timeline jam segitu. Ada @aaimm, @deny_dithya, dan Mba @gullaly. Yang dua, @deny_dithya dan Mba @gullaly, nasibnya sama kayak gw, udah tidur dan kebangun lagi. Sedangkan yang satu, si @aaimm, belom tidur sama sekali. Menurut cerita yang gw denger dari @foreverma, @aaimm ini memang penderita insomnia. Kalo malam susah banget tidur. Kalo bisa tidur pun itu udah lewat duapertiga malam baru bisa. Kasian banget dong ya. Malam gabisa tidur. Pagi kuliah. Pasti tersiksa banget kuliah dalam keadaan ngantuk. Kalo tetap ga ngantuk ya minimal capek gitu. Gamungkin ga tidur dalam jangka waktu sekian lama ga capek.

Kasian banget liat @aaimm begitu gw jadi ikutan searching sana sini tentang insomnia. Ini yang paling menarik buat gw artikel yang ada di situs Pusat Ilmu Obat UGM atau Piogama.

Insomnia merupakan gejala kelainan tidur, berupa sulit untuk merasa ingin tidur (memerlukan waktu lebih dari 30 menit untuk merasa ingin tidur), sering terbangun dari tidur (total waktu terbangun lebih dari 30 menit), dan bangun pada pagi subuh dan sulit untuk kembali tidur (total waktu tidur kurang dari 6,5 jam). Kalo sampe kurang dari 4,5 jam (untuk laki-laki) / 3,5 jam (untuk perempuan) bahaya lho, memperbesar resiko kematian.

Insomnia dapat disebabkan oleh bebagai hal. Beberapa penyakit dapat menyebabkan insomnia, yaitu Parkinson, sesak nafas, flu, hipertiroid, hipotiroid, hipoglikemi, batuk, gangguan fungsi hepar, gangguan fungsi ginjal, gagal jantung, pikun, hipertensi, dan beberapa penyakit lain. Nyeri kronik akibat rematik, menopausal, kolik, neuralgia, kanker juga dapat menyebabkan insomnia. Suasana yang dapat mengganggu tidur di waktu malam adalah nokturia (berkemih di waktu malam), suhu udara yang terlalu panas atau terlalu dingin, bising (tinggal di dekat rel kereta api, pabrik). Ketergantungan obat atau alkohol atau tembakau atau kafein (kopi) juga dapat menyebabkan insomnia, beberapa obat lain seperti antidepresan, kortikosteroid, reserpin. Penyebab lain yaitu depresi, stress berkepanjangan, kecemasan, skizofrenia (gangguan jiwa), hipomania, dan berita buruk atau kegagalan memperoleh sesuatu.

Insomnia ada 3 jenis, yaitu insomnia kronis, insomnia transien, dan insomnia jangka pendek. Insomnia transien terjadi pada beberapa hari. Insomnia jangka pendek terjadi pada beberapa minggu dan dapat kembali seperti biasa. Insomnia kronis terjadi lebih dari 3 minggu.

Penyembuhan insomnia akan lebih efektif apabila penyebab insomnia diatasi terlebih dahulu. Ada 12 aturan tidur yang sehat (menurut WHO):
1. Berbaring di tempat tidur ketika benar-benar ingin tidur. Tetapi usahakan pada waktu yang sama ketika akan pergi tidur.
2. Jangan menggunakan ranjang untuk aktivitas lain selain untuk tidur. Aktivitas lain seperti membaca, nonton TV, makan, telepon. Kebiasaan menggunakan ranjang untuk aktivitas lain membuat kebiasaan untuk terjaga ketika berbaring di ranjang.
3. Pasang alarm untuk bangun pada waktu yang sama. Tanpa memandang lama waku tidur malam.
4. Usahakan untuk tidak tidur siang.
5. Jangan minum alkohol beberapa jam sebelum tidur. Alkohol dapat membuat tidur gelisah.
6. Jangan mengkonsumsi kafein atau obat mengandung kafein beberapa jam sebelum waktu tidur. Karena kafein sebagai stimulan, dapat meningkatkan denyut jantung sehingga tubuh dapat terjaga sepanjang malam.
7. Jangan merokok beberapa jam sebelum tidur. Rokok mengandung nikotin yang dapat meningkatkan semangat karena berefek sebagai neurostimulan.
8. Olahraga pada sore hari (6 jam sebelum tidur). Latihan peregangan otot atau jalan kaki secukupnya selama 20 menit. Hal ini akan meningkatkan metabolisme dan suhu badan, lalu akan menurun sekitar 6 jam kemudian yang berefek pada tidur yang nyenyak.
9. Sediakan waktu transisi untuk tidur degan mengurangi tingkat aktivitas sebelum tidur, hilangkan rasa cemas akan pekerjaan yang belum selesai, hari esok dan pikiran lainnya. Melakukan akivitas dengan tenang dan santai.
10. Membersihkan diri sebelum tidur, memastikan pintu telah terkunci, dan menyesuaikan pencahayaan lampu, supaya merasa aman dan nyaman pada saat tidur.
11. Memastikan tidak ada cahaya terang atau suara yang dapat mengganggu dan pastikan suhu ruang tidur nyaman.
12. Keadaan lapar atau setelah makan banyak dapat menghambat tidur. Bagaimanapun jika merasa lapar sebaiknya makan makanan kecil atau minum segelas susu hangat sangat tepat untuk mengatasi masalah ini.

Selain itu, kebutuhan magnesium dan kalsium sebaiknya dipenuhi, karena kekurangan keduanya dapat meyebabkan tidur tidak nyenyak. Magnesium dapat merelaksasikan otot dan kalsium berefek sebagai penenang pikiran. Kedua zat ini dapat diperoleh salah satunya pada susu. Karbohidrat kompleks yang terdapat pada roti dapat memacu pengeluaran serotin yang dapat merangsang rasa kantuk. Serotin juga dapat dipicu oleh asam amino triptofan yang terdapat pada susu, selain itu triptofan juga memicu pengeluaran hormon melatonin yang memerintahkan tubuh untuk untuk istirahat. Hormon ini akan dikeluarkan ketika sinar matahari mulai redup.


So, @aaimm, dicoba ya aturan tidur sehatnya. Semoga bisa membantu. :))