Sunday, November 7, 2010

Wong Ndeso(?)



“Terhenyak ketika membaca: ‘Ndeso itu buang sampah sembarangan dan banyak wong ndeso di Jakarta yang suka buang sampah sembarangan.’ “ tweeted by @lynxluna and retweeted by @tediscript.

Dan saya pun ikut terhenyak ketika membaca tulisan itu. Apa hubungannya buang sampah sembarangan dengan ndeso? apa sesuatu yang ndeso itu sudah pasti yang jelek? Dan semua yang jelek-jelek itu sudah pasti ndeso? Kok kesannya sangat tidak adil dan mendiskreditkan desa begitu. Memangnya apa yang salah dengan menjadi orang desa? Toh cuma perbedaan nasib dan kesempatan saja ada yang dilahirkan di kota, ada yang dilahirkan di desa, ada yang dilahirkan di Amerika, ada yang dilahirkan di Surabaya. Kita toh gabisa minta mau dilahirkan dimana, di keluarga macam apa, dan dalam kondisi seperti apa. Semuanya sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa dengan hikmah di balik setiap keberadaan kita. Oke, saya mulai sok bijak.

Tapi intinya, saya heran. Apa masalahnya dengan status orang desa? Saya tidak malu mengakui bahwa saya orang desa. Kampung saya nun jauh di sana kota kecil terpelosok penghasil ikan di pinggiran selat Malaka yang bahkan namanya belum pernah terdengar oleh kalian. Terus kenapa? Apa dengan menjadi orang desa berarti berstatus lebih rendah dari orang kota? Ohooo.. belum cenchuuw..

Masalah kebersihan lingkungan begini menurut saya ga ada hubungannya sama status wong ndeso atau warga kota. Ini cuma masalah kepedulian, yang justru semakin jarang ditemukan di kota-kota besar.

Balik ke masalah wong ndeso, mungkin benar, tingkat pengetahuan sebagian besar orang-orang desa lebih rendah dari pada orang kota. Namun itu bukan berarti mereka bodoh dan ga peduli. Apalagi dengan tuduhan “buang sampah sembarangan itu ndeso”. Helloooo~ Ada bukti apa sungai-sungai di Jakarta sono dicemari oleh para wong ndeso? Lo kate Jakarta doang yang punya sungai? Sebanyak itu sungai-sungai lain, tapi kok yang sering kebanjiran Jakarta mulu ya. Di desa-desa apalagi. Kagak pernah nonton TV lo liat noh sungai dan perairan-perairan lain yang ada di desa malah jauh lebih bersih dan jernih daripada sungai-sungai di Jakarta. Trus apa? Yang tinggal di desa itu orang-orang kota? Ngik-ngok..

Ga adil banget kan menilai seseorang hanya dari tempat asalnya, desa atau kota. Gara-gara persepsi umum terhadap wong ndeso dan orang kota sih ya. Wong ndeso ya nganggap orang kota itu biasanya kaya, cakep, penampilan oke, dan pintar. Begitu juga sebaliknya, orang kota nganggapnya wong ndeso itu kurang mampu secara ekonomi, ga gaul, norak, penampilan seadanya, dan memiliki tingkat intelektualitas dan intelegensi yang rendah. Padahal ga begitu kenyataannya. Siapa bilang orang desa ga ada yang tajir, gaya oke, cakep, dan berintelegensi tinggi. Dan liat pula realitas orang-orang di kota yang cukup banyak menyajikan kemiskinan dimana-mana.

Tapi ya gabisa dipungkiri sekarang ini sebutan wong ndeso itu sering banget dipake dan memang terkesan sangat menyepelekan. Tapi jangan lupa dibalik remehnya sebutan wong ndeso itu masih tersimpan pandangan baik juga tentang sifat-sifat baik orang-orang desa yang lugu, ramah dan baik hati.


Yo wis ben wong arep ngomong opo
Yo wis ben aku ini memang wong ndeso
Yo wis ben arep ngomong empat mata
Yo wis ben sing penting ora kalah karo wong kota
Puas? Puas?

19 comments:

tealchick said...

Jangan mawah-mawah dong Miwwaaaaaaah >:D< :*
*peluk cium miwwah*
mungkin maksudnya, perbuatan buang sampah sembarangan itu 'ndeso' as in, kampungan. Kampungnya entah dimana yang gak berbudaya..

Kamu mah kalo emang dibilang ndeso, justru paling kusayaaaaaaang :* :*

Madinger said...

hm, mungkin karena 'ndeso' sendiri punya rujukan arti yang berbeda-beda. bisa jadi artinya orang desa, bisa jadi artinya norak, kampungan dsb.

tapi ya, memeang orang desa gak selalu jelek kok. dan orang kota juga gak selalu bagus atau baik.

buang sampah sembarangan itu yang jelas perbuatan orang yang gak sadar lingkungna dan gak bertanggung jawab. jadi mau tinggal di kota atau di desa, mestinya kita jangan buang sampah sembarangan kan ^^

Fairuz said...

Aduhhh tata tu yg lutu tabal ya. Jgn malah2 ntik lutu na ilang :D
Mungkin stetmen.a g brmksud sprti, jadi kita khusnudzon aja ya . . ! ;)

Arman said...

hahahaha... emang ya kata 'ndeso' itu jadi konotasi nya negatif. padahal kan ya harusnya gak negatif dong untuk jadi orang ndeso... :D

attayaya mobil keluarga said...

lho miwwwah asal dari bagan tho?

ReBorn said...

ojo nesu to ndok, ndok. gheheheh. ngomong apa sih gue. karena sering ngeledek kali, jadi konotasi negatif untuk ndeso.

bintangair said...

idiiihhh miwwaaaa mawaaahhhhh....
puas deh... puas...

halahh orang sekarang kan sukanya gitu miw..
suka ngoceh sembarangan

Clara Canceriana said...

eh saya juga tinggal di desa loh, pinggiran jakarta xDD

mimi said...

hhmmm..
sampe sekarang aku sendiri bingung dengan perbedaan kasta nya "ndeso" sama "orang kota"

aku juga dulu tinggalnya di desa loh..
desa banget yang bahkan ga kenal listrik. maklum di pedalaman kalimantan..
sekarang tinggal di kota juga kayaknya sama aja..
mungkin teknologi sama gengsi yaa yang ngga sama kali yaaa..

inget2 aja mir, kalo ada orang yang kayak gitu..

"semua orang pernah melewati fase 'ndeso' dan 'alay' dalam hidupnya.
lingkungan dan keadaan yang bikin dia berubah, entah ke arah yang lebih baik, atau ngga."

heheheh
#kesambet

rian said...

kalo masalah orang buang sampah sembarangan itu masalah kesadaran masing-masing kali yaa.. ga peduli deso ato bukan deso.. *apa ini* :D

superyon said...

hhwhahaa...
keren, berani, #thumb

terutama paragrah ke 5
hwhahaahha...

Fir'aun NgebLoG said...

sya juga wong ndeso lho!
tapi keren kan :D hehehe

NDA said...

aku yo wong ndeso

hh yang bener yg buang sampah sembarangan itu norakk bukan ndesoo

rid said...

lah, saya juga wong ndeso,hehe
setuju ma NDA :)

kiky_rose said...

menurut aku itu mirip dengan istilah ini miw:
"orang kampung belum tentu kampungan"

minomino said...

hahaha, stuju miw :D mungkin kehabisan kata untuk mendeskripsikan perilaku, jd terpilihlah ndeso sebagai istilahnya, ckckck

Elsa said...

ya, padahal banyak sekali kearifan wong ndeso yang tidak dimiliki wong kuto lho...
tidak semua hal hal berbau ndeso itu negatif, harusnya sih gitu ya

BABY DIJA said...

Dija wong ndeso lho Tante
tapi Dija gak buang sampah sembarangan kok....

kan gak semua wong ndeso tuh gitu ya Tante

mungkin yang ngomong gitu gak ngerti kali

ega primebound said...

sadis!!
Saya jg ndeso..

Mmm.. Izin share jg ya..
Mnrt ku mgkn agar org kota itu sadar klu buang sampah smbarangan maka dikatai ndeso..
Ndeso dsini diartikan primitif n gk tau aturan..
Boleh dibilang sprti komen2 diatas.. Ndeso dlm arti kampungan